soal PAS/UAS kelas 1 semester 1

Kumpulan Soal PAS Kelas 1 Semester 1 Kurikulum 2013 Terbaru

Diposting pada

Soal PAS kelas 1. Sebantar lagi adik adik kelas 1 akan menghadapi penilaian akhir semester 1. Rencananya kegiatan ini akan dilaksanakan pada akhir bulan november. Ada pula yang dilaksanakan pada awal bulan Desember. Dalam menghadapi ulangan ini, tentu saja perlu persiapan yang serius dan matang. Agar nilai yang didapat pada kegiatan PAS ini bisa maksimal.

Pemetaan Tema Kelas 1 SD Semester 1

Pada semester 1 ini, kelas 1 sd terdiri dari 4 tema. Dan setiap tema terbagi menjadi 4 subtema. Dari tema dan subtema ini menjadi kisi kisi soal PAS kelas 1. Dan berikut ini beberapa tema yang ada pada kelas 1 semester 1 revisi 2018, antara lain:

Tema 1 – Diriku, memiliki 4 subtema, antara lain:

a. Subtema 1 : Aku dan Teman Baru

b. Subtema 2 : Tubuhku

c. Subtema 3 : Aku Merawat Tubuhku

d. Subtema 4 : Aku Istimewa

Tema 2 – Kegemaranku, terbagi menjadi 4 subtema, yaitu:

a. Subtema 1 : Gemar Berolahraga.

b. Subtema 2 : Gemar Menyanyi dan Menari.

c. Subtema 3 : Gemar Menggambar.

d. Subtema 4 : Gemar Membaca.

Tema 3 – Kegiatanku yang terdiri dari 4 subtema, antara lain:

a. Subtema 1 : Kegiatan Pagi Hari.

b. Subtema 2 : Kegiatan Siang Hari.

c. Subtema 3 : Kegiatan Sore Hari.

d. Subtema 4 : Kegiatan Malam Hari.

Tema 4 – Keluargaku, dalam tema ini terdiri dari 4 subtema, di antaranya:

a. Subtema 1 : Anggota Keluargaku.

b. Subtema 2 : Kegiatan Keluargaku.

c. Subtema 3 : Keluarga Besarku

d. Subtema 4 : Kebersamaan Dalam Keluarga.

Pemetaan KD Kelas 1 Semester 1 Kurikulum 2013

Kita ketahui bahwa dalam kurikulum 2013 ini, untuk kelas 1 terdiri dari beberapa muatan pelajaran. Seperti PPKn, Bahasa Indonesia, Matematika, SBdP dan juga PJOK. Dan berikut ini kompetensi dasar pada ulangan PAS kelas 1 semester 1 ini:

Muatan PPKn :

a. Mengenal smbol sila-sila Pancasila dalam lambang negara “Garuda Pancasila”.

b. Mengidentifikasi aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah.

c. Mengidentifikasi keberagaman karateristik individu di rumah.

d. Mengindentifikasi bentuk kerjasama dalam keberagaman di rumah.

Muatan Bahasa Indonesia :

a. Merinci kosakata dan ungkapan perkenalan diri, keluarga, dan orang-orang di tempat tinggalnya secara lisan dan tulis yang dapat dibantu dengan kosakata bahasa daerah.

b. Menguraikan lambang bunyi vokal dan konsonan dalam kata bahasa Indonesia atau bahasa daerahatau bahasa daerah.

c.  Menentukan kosakata tentang anggota tubuh dan pancaindra serta perawatannya melalui teks pendek (berupa gambar, tulisan, slogan sederhana, dan/atau syair lagu) dan eksplorasi lingkungan.

d. Menjelaskan kegiatan persiapan membaca permulaan (cara duduk wajar dan baik, jarak antara mata dan buku, cara memegang buku, cara membalik halaman buku, gerakan mata dari kiri ke kanan, memilih tempat dengan cahaya yang terang, dan etika membaca buku) dengan cara yang benar.

e. Mengemukakan kegiatan persiapan menulis permulaan (cara duduk, cara memegang pensil, cara menggerakkan pensil, cara meletakkan buku, jarak antara mata dan buku, pemilihan tempat dengan cahaya yang terang) yang benar secara lisan.

f. Mencermati puisi anak/syair lagu (berisi ungkapan kekaguman, kebanggaan, hormat kepada orang tua, kasih sayang, atau persahabatan) yang diperdengarkan dengan tujuan untuk kesenangan.

g. Mengenal kosakata tentang cara memelihara kesehatan melalui teks pendek (berupa gambar, tulisan, dan slogan sederhana) dan/atau eksplorasi lingkungan.

h. Menentukan kosakata yang berkaitan dengan peristiwa siang dan malam melalui teks pendek (gambar, tulisan, dan/atau syair lagu) dan/atau eksplorasi lingkungan.

i. Merinci ungkapan penyampaian terima kasih, permintaan maaf, tolong, dan pemberian pujian, ajakan, pemberitahuan, perintah, dan petunjuk kepada orang lain dengan menggunakan bahasa yang santun secara lisan dan tulisan yang dapat dibantu dengan kosakata bahasa daerah.

j. Menguraikan kosakata hubungan kekeluargaan melalui gambar/bagan silsilah keluarga dalam bahasa Indonesia atau bahasa daerah.

Muatan matematika :

a. Menjelaskan makna bilangan cacah sampai dengan 99 sebagai banyak anggota suatu kumpulan objek.

b. Menjelaskan bilangan sampai dua angka dan nilai tempat penyusun lambang bilangan menggunakan kumpulan benda konkret serta cara membacanya.

c. Membandingkan dua bilangan sampai dua angka dengan menggunakan kumpulan benda benda konkret.

d. Menjelaskan dan melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan yang melibatkan bilangan cacah sampai dengan 99 dalam kehidupan sehari-hari serta mengaitkan penjumlahan dan pengurangan.

e. Mengenal bangun ruang dan bangun datar dengan menggunakan berbagai benda konkret.

f. Mengenal pola bilangan yang berkaitan dengan kumpulan benda/gambar/gerakan atau lainnya.

g. Mengenal dan menentukan panjang dan berat dengan satuan tidak baku menggunakan benda/situasi konkret.

Gambar Gravatar
Saya hanya seorang pengajar SD, yang mencoba berbagi ilmu yang aku miliki. Semoga apa yang aku bagikan bermanfaat bagi kita semua. Bagi sahabat yang punya saran atau kritik bisa menghubungi kami pada kontak Whatsapp dengan nomor 0882  3212 3181 (Maaf jika low respon).