materi tema 3 kelas 5

Rangkuman Materi Tema 3 Kelas 5 Kurikulum 2013 Dan Contoh Soal

Diposting pada

Materi IPA kelas 5 Tema 3

Pada tema 3 subtema 1 untuk muatan pelajaran IPA membahas mengenai pencernaan pada hewan, salah satunya hewan ruminansia. Hewan ruminansia adalah hewan yang memakan tumbuh tumbuhan dan mencerna makanan dalam 2 langkah, yakni menelan makanan lalu dikeluarkan lagi lalu dikunyah untuk kedua kalinya, kemudian ditelan lagi. Contoh hewan ruminansia antara lain: sapi, kerbau, kambing, kuda, domba, kelinci, rusa dan jerapah.

Organ pencernaan hewan ruminansia antara lain:

a. Rongga Mulut

Dalam rongga mulut hewan ruminansia umumnya terdiri dari gigi, lidah dan saliva.

1. Gigi

Jenis gigi yang dimiliki oleh hewan ruminansia adalah gigi seri dan gigi geraham. Gigi seri hewan ruminansia berguna untuk memotong makanan. Sedangkan gigi geraham untuk mengunyah makanan sebelum ditelan.

2. Lidah

Lidah pada hewan ruminansia berguna untuk merenggut rumput dan mendorong makanan agar bisa masuk ke lambung.

3. Saliva

Saliva adalah enzim khusus yang dihasilakn oleh kelenjar khusus pada hewan ruminansia yang berguna untuk membantu proses pencernaan, khususnya pencernaan kimiawi.

b. Lambung

bagian dari organ pencernaan hewan ruminansia

Organ pencernaan hewan ruminansia khususnya sapi yang paling memiliki peranan penting adalah lambung. lambung sapi dibagi menjadi 4 bagian yakni: rumen, retikulum, omasum dan abomasum.

1. Rumen atau perut besar

Rumen merupakan organ pencernaan yang berguna untuk tempat terjadinya pencernaan dengan bantuan dari mikroba atau bakteri. Pada saat istirahat hewan ruminansia akan memuntahkan kembali makanan yang telah dikunyahnya lalu dikunyah untuk kedua kalinya. Setelah itu ditelan dan masuk ke perut jala atau retikulum.

2. Retikulum atau perut jala

Retikulum merupakan bagian dari organ pencernaan hewan ruminansia yang berguna mencerna makanan dengan proses fermentasi dengan bantuan bakteri anaerob dan protozoa.

3. Omasum atau perut kitab

Di bagian Omasum makanan dicerna dengan bantuan enzim pencernaan dan selanjutnya masuk ke perut asam.

4. Abomasum atau perut asam

Pada bagian inilah yang disebut organ lambung yang sebenarnya. Makanan yang ada di dalam abomasum dicerna dengan bantuan enzim pepsin. Setelah makanan melewati abomasum maka makanan tersebut akan masuk ke usus halus yang panjangnya mencapai 40 meter (pada sapi), setelah itu bergerak menuju usus besar dan berakhir di anus.

Sistem Pencernaan Pada Manusia.

Pencernaan manusia dibedakan menjadi 2 macam, yaitu: pencernakan mekanik dan kimiawi.

Pencernaan mekanik dan mekanis terjadi pada organ rongga mulut dan lambung.

Sistem pencernaan pada manusia sedikit beda dengan yang ada pada hewan ruminansia. Berikut ini organ pencernaan pada manusia, antara lain:

A. Rongga Mulut

Dalam rongga mulut manusia terjadi 2 jenis pencernaan, yaitu pencernaan mekanik dan pencernaan kimiawi. Pencernaan mekanik dibantu oleh gigi dan lidah. Sedangkan pencernaan kimiawi dibantu dengan sebuah enzim. Enzim yang ada di rongga mulut manusi berupa enzim ptialin yang berguna untuk mengubah zat tepung menjadi zat gula.

Dalam pencernaan mekanik di rongga mulut dibantu oleh gigi dan lidah. Secara umum gigi manusia dibedakan menjadi 3 macam, yaitu:

a. gigi seri berguna untuk memotong makanan.

b. gigi taring berguna untuk merobek makanan.

c. dan gigi geraham berguna untuk mengunyah atau menghaluskan makanan.

Selain dengan gigi, pencernaan mekanik di rongga mulut manusia dibantu dengan lidah. Berikut ini beberapa fungsi dan kegunaan lidah pada sistem pencernaan manusia, antara lain:

a. sebagai indra pengecap

b. membantu mengatur letak makanan

c. membantu menelan makanan ke lambung.

B. Kerongkongan

Kerongkongan adalah saluran yang menghubungkan antara rongga mulut dengan lambung. Di kerongkongan ini terjadi gerak peristalik yang membantu makanan masuk ke dalam lambung. Gerak peristaltik adalah gerak meremas remas dan mencekik pada dinding kerongkongan.

C. Lambung

Lambung berguna untuk mengaduk makanan. Di dalam lambung terjadi pencernaan mekanik dan juga kimiawi. Pencernan mekanik pada lambung dibantu oleh otot pada dinding lambung. Sedangkan pencernaan kimiawi pada lambung dibantu oleh enzim, yang di antaranya: enzim pepsin, renin dan asam klorida atau HCl.

a. Enzin pepsin berguna untuk mengubah protein menjadi asam amini.

b. Renin berguna untuk mengendapkan protein susu menjadi kasein.

c. enzim HCl atau asam klorida berguna untuk membunuh kuman penyakit yang masuk bersama makanan.

D. Usus Halus

Usus halus manusia terdiri dari 3 bagian yaitu: usus dua belas jari, usus kosong dan usus penyerap. Di dalam usus dua belas jari terjadi pencernaan kimiawi yang dibantu oleh getah empedu dan getah pankreas. Getah empedu berguna untuk dihasilkan oleh hati. Sedangkan getah pankreas menghasilkan enzim berikut ini:

a. Amilase, enzim yang berguna untuk mengubah zat tepung menjadi zat gula.

b. tripsin, enzim yang berguna untuk mengubah protein menjadi asam amino.

c. lipase, enzim yang berguna untuk mengubah lemak menjadi lemak.

Usus halus juga berguna untuk menyerap sari sari makanan yang nantinya diedarkan ke seluruh tubuh.

E. Usus Besar

Usus besar manusia berguna menyerap air dan garam garam mineral. Selain itu usus besar juga berguna untuk membusukkan sisa sisa makanan dengan bantuan bakteri E. colli.

Gejala sakit maag antara lain:

a. perut kembung.

b. rasa mual ingin muntah

c. perut terasa perih.

Penyebab penyakit diare, antara lain:

a. infeksi bakteri dan virus

b. intolerasi makanan atau alergi makanan tertentu

c. karena gangguan usus fungsional  (stres).

Cara menjaga organ pencernaan manusia, antara lain:

a. makan makanan yang bergizi

b. menghindari makanan terlalu pedas dan asam

c. jangan telat makan

d. makan makanan yang mengandung cukup serat

Gambar Gravatar
Saya hanya seorang pengajar SD, yang mencoba berbagi ilmu yang aku miliki. Semoga apa yang aku bagikan bermanfaat bagi kita semua. Bagi sahabat yang punya saran atau kritik bisa menghubungi kami pada avindacynthiasari@gmail.com. Saya juga admin di blog sekedar info ( blog kesehatan, budidaya, percintaan, kecantikan, dan fashion )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *