materi tema 3 kelas 5

Rangkuman Materi Tema 3 Kelas 5 Kurikulum 2013 Dan Contoh Soal

Diposting pada

Materi tema 3 kelas 5. Bertemakan makanan sehat. Apabila dikupas dari cakupan materi kurang lebih membahas tentang makanan yang sehat. Tak hanya itu juga membahas tentang organ pencernaan pada hewan dan manusia. Dan pada kesempatan kali ini kami akan mengajak sahabat Pena Pengajar membahas rangkuman tema 3 kelas 5 kurikulum 2013 revisi 2018. 

Bicara tentang rangkuman materi, tentu tak terlepas dari cakupan materi di dalamnya, Untuk materi pokok yang ada di tema 3 kelas 5 sd ini kurang lebih sebagai berikut:

a. PPKn membahas tentang keragaman sosial budaya pada masyarakat.

b. Bahasa Indonesia dengan materi pokok tentang menggali informasi dari iklan dari media cetak dan elektronik serta kata kunci pada iklan.

c. IPA membahas mengenai organ pencernaan pada hewan dan manusia serta makanan yang sehat.

d. IPS membahas tentang bentuk bentuk interaksi sosial manusia dengan lingkungannya.

e. SBdP mempelajari materi tentang tangga nada mayor maupun minor.

Nah, itulah cakupan materi tema 3 kelas 5 untuk kurikulum 2013.

Rangkuman Tema 3 Kelas 5 Makanan Sehat

Sudah dibahas di atas bahwa muatan materi untuk tema 3 ini terdiri dari 5 muatan pelajaran. Dan di tema 3 ini ada 3 subtema, yakni subtema 1 Bagaimana tubuh mengolah makanan?, subtema 2 pentingnya makanan sehat bagi tubuh, dan subtema 3 pentingnya menjaga asupan makanan sehat. Rasanya tak mungkin kami akan membahas ketiga subtema tersebut dalam satu postingan ini. Untuk itu pada postingan ini kami fokuskan hanya pada subtema 1 saja dulu. Untuk materi kelas 5 tema 3 subtema 2 dan 3 akan kami bahas di postingan selanjutnya.

Rangkuman Tema 3 Kelas 5 revisi 2018

Materi tematik revisi 2018 dengan revisi 2017 memiliki hampir kesamaan. Hanya ada sedikit perbedaan yang ada di dalamnya. Kami rasa, seumpama sahabat mempelajari rangkuman tema 3 kelas 5 revisi 2017 juga tak masalah karena isinya hampir sama. Yuk kita bahas satu persatu materi tersebut ditiap muatan pelajarannya.

Rangkuman materi PPKn tema 3 kelas 5

Menurut kodratnya manusia tercipta sebagai makhluk individu dan makhluk sosial. Manusia disebut makhluk sosial karena tidak dapat hidup tanpa bantuan orang lain. Untuk itu agar tercipta kerukunan dalam interaksi sosial masyarakat dalam kehidupan sehari hari seharusnya kita saling menghormati dan toleransi.

Beberapa kegiatan di masyarakat yang dapat memupuk persatuan demi terciptanya kerukunan di masyarakat, antara lain:

a. menolong tetangga yang membutuhkan bantuan.

b. ikut serta dalam kegiatan masyarakat, seperti: kerja bakti, ronda malam, dan karang taruna.

c. menghadiri undangan tetangga apabila diundang.

d. saling menghormati antar sesama meskipun berbeda agama, suku dan budaya.

Gambar Gravatar
Saya hanya seorang pengajar SD, yang mencoba berbagi ilmu yang aku miliki. Semoga apa yang aku bagikan bermanfaat bagi kita semua. Bagi sahabat yang punya saran atau kritik bisa menghubungi kami pada avindacynthiasari@gmail.com. Saya juga admin di blog sekedar info ( blog kesehatan, budidaya, percintaan, kecantikan, dan fashion )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *