Rangkuman Materi Tema 3 Kelas 4 Kurikulum 2013 Dan Contoh Soal

Diposting pada

Materi tema 3 kelas 4. Assalamu ‘alaikum wr wb. Sahabat pena pengajar yang kami hormati. Semoga tetap semangat dalam belajar dan menggapai prestasi. Pada kesempatan kali ini kami akan mengajak sahabat untuk belajar bersama tentang rangkuman materi tema 3 kelas 4 kurikulum 2013 revisi terbaru.

Bicara tentang rangkuman materi tematik, tentu kita harus berpedoman pada kompetensi dasar di masing masing muatan pelajaran di tema tersebut. Kita bisa berpedoman pada buku guru kelas 4 tema 3 revisi terbaru. Namun apabila sahabat tak amu repot berikut ini kami lampirkan kompetensi dasar pada tema 3 kelas 4 sd.

PPKn membahas mengenai mengidentifikasi pelaksanaan hak dan kewajiban serta tanggung jawab sebagai warga masyarakat dalam kehidupan sehari hari.

Bahasa Indonesia membahas tentang menggali informasi dari seorang narasumber pada kegiatan wawancara.

IPA membahas tentang hubungan antara bentuk dan fungsi bagian tubuh pada hewan dan tumbuhan, serta pentingnya menjaga kelestarian sumber daya alam di lingkungan.

IPS membahas mengenai pemanfaatan sumber daya alam untuk kesejahteraan kehidupan masyarakat.

SBdP dengan pokok materi tentang karya seni rupa menempel.

Dan untuk mapel PJOK membahas tentang gerak lokomotor, non lokomotor dan gerak manipulatif.

Rangkuman Materi Tema 3 Kelas 4

Sudah dibahas di atas bahwa dalam tema 3 ini ada beberapa mupel, di antaranya: PPKn, IPA, Bahasa Indonesia, IPS, SBdP dan PJOK. Untuk mapel matematika tidak bisa kami bahas di postingan kami, silahkan ditunggu untuk postingan selanjutnya. Dan kita tentu tahu bahwa dalam tiap tema untuk kelas 4 sd terdiri dari 3 subtema. Apabila ketiga subtema tersebut dibahas dalam postingan tersebut tentu terlalu panjang. Maka untuk postingan kali ini hanya kami fokuskan pada rangkuman materi tema 3 subtema 1 kelas 4 Hewan dan Tumbuhan di Lingkungan Rumahku. Untuk mempersingkat waktu mari kita pelajari bersama sama rangkuman materi tersebut.

Rangkuman tema 3 kelas 4 kurikulum 2013 mupel PPKn

Tanggung jawab merupakan suatu sikap atau perilaku mengenai kewajiban seseorang akan sesuatu hal. Salah satu yang menjadi tanggung jawab manusia yaitu tanggung jawab terhadap lingkungan sekitar. Tanggung jawab kita terhadap lingkungan bisa berupa kewajiban menjaga, merawat dan melestarikan lingkungan tersebut.

Dan berikut ini tanggung jawab kita terhadap lingkungan, antara lain:

a. membuang sampah pada tempatnya, bertujuan mencegah banjir dan pencemaran lingkungan.

b. mendaur ulang kembali sampah yang bisa didaur ulang, seperti sampah plastik ataupun sampah organik dan non organik.

c. menjaga kebersihan lingkungan dengan kegiatan kerja bakti secara rutin.

d. menanami lahan kosong dengan pepohonan agar tanah tidak gersang dan persediaan oksigen terjaga

e. tidak memanfaatkan atau mengeksploitasi sumber daya alam dengan berlebihan.

Materi Bahasa Indonesia Tema 3 Kelas 4

Dalam subtema 1 ini membahas tentang wawancara. Apa wawancara itu? Wawancara adalah kegiatan tanya jawab antara 2 orang atau lebih dengan tujuan mencari dan menggali informasi. Dalam kegiatan wawancara melipatkan pihak pewawancara dan narasumber. Pewawancara adalah orang yang menanyakan dalam kegiatan wawancara. Sedangkan narasumber adalah orang yang dimintai keterangan atau informasi dalam kegiatan wawancara.

Hal hal yang perlu dipersiapkan sebelum kegiatan wawancara, antara lain:

a. membuat janji dan minta kesediaan dari narasumber untuk diwawancarai.

b. menunjukkan kesan sopan dan baik kepada narasumber dengan datang tepat waktu serta berpakaian dengan rapi dan bertutur kata yang sopan.

c. Mmepersiapkan daftar pertanyaan yang sesuai dengan tema wawancara.

d. selalu berlatih agar lebih hafal dan menguasai pertanyaan yang telah disiapkan

Hal hal yang perlu diperhatikan ketika sedang melakukan wawancara, antara lain:

a. memperkenalkan diri sebelum melakukan wawancara.

b. menyampaikan tujuan wawancara

c. membawa buku catatan, alat tulis atau alat perekam saat melakukan wawancara.

d. mendengarkan informasi dari nara sumber dengan penuh perhatian.

e. menghindari menyela pembicaraan narasumber.

f. menghindari meminta pengulangan jawaban dari narasumber.

Hal hal yang perlu diperhatikan setelah kegiatan wawancara, antara lain:

a. memohon diri untuk meninggalkan tempat wawancara dengan sopan.

b. mengucapkan terima kasih atas waktu dan kesediaan di wawancarai kepada narasumber.

c. menyampaikan permohonan maaf apabila selama kegiatan wawancara ada sikap dan perkataan yang kurang berkenan di hati narasumber.

Materi IPA Kelas 4 Tema 3 Subtema 1

Di dalam kelas 4 tema 3 Peduli Terhadap Makhluk Hidup, khususnya muatan IPA kurang lebih membahas materi tentang bagian bagian tubuh tumbuhan dan fungsinya. Secara umum bagian tubuh tumbuhan terbagi menjadi beberapa bagian, antara lain: akar, batang, daun, buah, dan juga bunga. Berikut ini kegunaan dari masing masing bagian itu.

A. Akar

Akar adalah bagian dari tubuh tumbuhan yang tertancap di dapam tanah. Akar memiliki beberapa peran dan kegunaan bagi kehidupan tanaman. Berikut ini kegunaan dari akar antara lain:

a. menyerap air dan zat hari dari dalam tanah.

b. menunjang berdirinya tumbuhan

c. membantu pernapasan pada tumbuhan

d. tempat menyimpan cadangan makanan, contoh singkong, kentang dan wortel.

Bagian Bagian Akar

Secara umum, akar mempunyai beberapa bagian utama, di antaranya: inti akar, tudung akar dan rambut akar.

a. inti akar merupakan bagian dari akar yang berguna mengangkut air dari akar menuju ke daun sebagai bahan fotosintesis

b. tudung akar merupakan bagian dari akar  yang berfungsi melindungi akar saat menembus tanah.

c. rambut akar berguna untuk mencari jalan untuk menembus tanah dan menyerap air dan zat hara dari tanah.

Menurut bentuknya, akar dibedakan menjadi 2 macam yaitu:

a. Akar Serabut 

Akar serabut biasanya dijumpai pada tumbuhan monokotil atau tumbuhan yang bijinya berkeping satu. Contoh tumbuhan monokotil antara lain: salak, kelapa, padi, jagung dan tanaman hasil cangkokan. Akar jenis serabut ini biasanya akan keluar dari pangkal batang.

b. Akar Tunggang

Akar tunggang merupakan jenis akar yang terdiri dari atas satu akar besar yang merupakan kelanjutan dari batang yang disebut akar pokok. Dan pada akar pokok ini akan muncul beberapa cabang cabang akar. Pada umumnya akar tunggang terdapat pada tanaman dikotil atau tumbuhan biji berkeping dua. Contoh tanaman dikotil antara lain: jeruk, mangga, jambu, asam dan juga bayam.

Selain jenis akar di atas, juga terdapat jenis akar khusus. Akar tersebut memiliki sifat dan kegunaan yang khusus pula. Berikut ini yang termasuk akar khusus, antara lain:

a. Akar Gantung

Akar gantung adalah jenis akar yang tumbuh pada bagian yang berada di atas akar atau selain pada akar. Akar ini umumnya menggantung di udara. Contoh tumbuhan yang memiliki akar gantung adalah pohon beringi. Kegunaan dari akar gantung ini untuk membantu pernapasan dan gutasi pada tumbuhan.

b. Akar Napas

Akar napas adalah akar yang muncul ke atas permukaan tanah atau air. Akar napas berguna untuk keluar masuknya udara pernapasan pada tumbuhan. Contoh tumbuhan yang memiliki akar napas yakni pohon bakau.

c. Akar Tunjang

Akar tunjang adalah jenis akar yang tumbuh pada bagian bawah batang. Akar jenis ini tumbuh ke segala arah dan berguna untuk menunjang agar batang tidak mudah roboh. Contoh tanaman yang memiliki akar tunjang adalah akar pandan.

d. Akar Pelekat

Akar pelekat adalah akar yang tumbuh pada bagian batang dan berguna untuk menempel pada kayu atau sesuatu di sekitarnya. Contoh tanam yang memiliki akar pelekat adalah tanaman sirih dan lada.

B. Batang

Batang merupakan bagian dari tumbuhan yang berada di atas permukaan tanah. Berikut ini beberapa kegunaan dan fungsi dari batang tumbuhan, antara lain:

a. sebagai tempat tumbuhnya daun, bungan dan bahkan buah.

b. mengangkut air dan mineral menuju ke daun untuk proses fotosintesis.

c. menopang agar tumbuhan berdiri kokoh.

d. sebagai alat perkembangbiakan secara vegetatif .

e. sebagai tempat menyimpan cadangan makanan, contohnya sagu dan tebu.

f. mengangkut hasil fotosintesis untuk diedarkan ke seluruh bagian tubuh tanaman.

Secara umum batang dibedakan menjadi 3 macam, yaitu:

a. batang basah, yaitu batang yang memiliki tekstur lunak dan cenderung memiliki banyak air. Contoh tumbuhan yang memiliki batang basah adalah bayam, pisang, pepaya.

b. batang berkayu, yaitu jenis batang yang memiliki tekstur keras dan berupa kayu. Contoh tumbuhan dengan batang berkayu antara lain: melinjo, mangga, jambu dan jeruk.

c. batang rumput, yaitu jenis batang yang beruas ruas dan juga berongga. Contoh tanaman yang memiliki batang rumput adalah padi, jagung dan rumput.

C. Daun

Pada umumnya daun berwarna hijau. Daun biasanya tumbuh dari batang atau ranting tanaman. Dan berikut ini beberapa fungsi dan kegunaan dari daun pada tumbuhan, antara lain:

a. sebagai tempat membuat makanan atau proses fotosintesis.

b. untuk tempat bernapas atau respirasi.

c. tempat terjadinya penguapan atau gutasi pada tanaman.

Berdasarkan bentuk dan susunan tulang daun, daun dibedakan menjadi 4 macam, antara lain:

a. daun menyirip, daun yang bentuknya seperti sirip ikan. Contoh tanaman yang memiliki tulang daun menyirip antara lain: daun mangga, jambu, nangka dan jeruk.

b. daun sejajar, daun dengan bentuk berupa ruas ruas garis yang sejajar. Contoh tanaman dengantulang daun sejajar adalah padi, alang alang, jagung, kelapa.

c. tulang daun melengkung, daun yang bentuknya berupa garis melengkung. Contoh tanaman dengan tulang daun melengkung adalah tanaman sirih dan genjer.

d. daun menjari, yaitu daun dengan bentuk seperti jari manusia. Contoh tumbuhan dengan tulang menjari adalah singkong dan kapas serta pepaya.

Sedangkan berdasarkan jumlah helai daunnya, daun dibedakan menjadi 2 macam, yaitu:

a. daun tunggal, daun yang hanya memiliki 1 helai daun dalam 1 tangkai daun. Contoh tumbuhan dengan daun tunggal adalah daun pisang, singkong dan pepaya serta padi.

b. daun majemuk, daun yang memiliki beberapa helai daun pada tiap tangkai daunnya. Contoh tumbuhan dengan daun majemuk antara lain: belimbing, putri malu, mawar dan daun asam.

D. Bunga

bagian dari bunga

Bunga merupakan alat perkembangbiakan dari tumbuhan. Dan berikut  ini bagian bagian dari bunga:

a. kelopak bunga, berguna untuk menutupi bunga ketika masih kuncup.

b. mahkota bunga, berguna untuk menarik perhatian dari serangga guna membantu penyerbukan.

c. benang sari, sebagai alat kelamin jantan pada bunga.

d. putik, sebagai alat kelamin betina pada bunga.

e. dasar dan tangkai bunga, sebagai tempat dudukan bunga.

Berdasarkan kelengkapannya, bunga dibedakan menjadi 2 yaitu:

a. bunga tidak sempurna, yaitu bunga yang hanya memiliki benang sari saja atau putik saja. Bunga yang hanya memiliki benang sari saja disebut bunga jantan. Sedangkan bunga yang hanya memiliki putik saja adalah bunga betina.

b. bunga sempurna, adalah bunga yang memiliki benang sari dan juga putik. Bahkan ada juga bunga yang disebut bunga lengkap apabila bunga tersebut memiliki bagian bunga yang lengkap antara lain: tangkai bunga, kelopak bunga, mahkota bunga, benang sari dan juga putik.

Mungkin hanya ini yang bisa kami bagikan pada kesempatan kali ini. Untuk materi tema 3 kelas 4 subtema 2 dan subtema 3 akan kami bahas pada postingan selanjutnya. Bagi sahabat yang ingin belajar lebih dalam lagi, mungkin link berikut ini berguna untuk dibaca dan dipelajari:

Rangkuman Materi Tema 2 Kelas 4 Kurikulum 2013 Dan Contoh Soal

Materi Tema 5 Kelas 4 Kurikulum 2013 Dan Contoh Soal Terbaru

Contoh soal tema 3 kelas 4 revisi 2018

Sekian pembahasan kita kali ini, semoga bermanfaat dan terima kasih kami haturkan kepada sahabat Pena Pengajar yang telah berkenan membaca dan belajar bersama tentang materi tema 3 kelas 4.

Gambar Gravatar
Saya hanya seorang pengajar SD, yang mencoba berbagi ilmu yang aku miliki. Semoga apa yang aku bagikan bermanfaat bagi kita semua. Bagi sahabat yang punya saran atau kritik bisa menghubungi kami pada avindacynthiasari@gmail.com. Saya juga admin di blog sekedar info ( blog kesehatan, budidaya, percintaan, kecantikan, dan fashion )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *