rangkuman materi tema 5 kelas 4 kurikulum 2013

Materi Tema 5 Kelas 4 Kurikulum 2013 Dan Contoh Soal Terbaru

Diposting pada

Materi tema 5 kelas 4. Assalamu ‘alaikum wr wb. Ketemu lagi dengan kami admin Pena Pengajar. Pada kesempatan yang berbahagia ini kami akan mengajak sahabat Pena Pengajar untuk belajar bersama tentang rangkuman materi tema 5 kelas 4 semester 1 kurikulum 2013 revisi terbaru.

Bicara tentang rangkuman materi, tentu kita harus tahu terlebih dahulu materi pokok di dalam tema 5 ini. Secara umum materi pokok dari kelas 4 tema 5 Pahlawan ini terdiri dari berbagai muatan pelajaran, di antaranya: PPKn, Bahasa Indonesia, IPA, IPS, PJOK dan SBdP. Untuk mupel matematika akan kami bahas di lain postingan. Baca juga materi tema 1 kelas 4 revisi 2018.

Rangkuman materi tema 5 kelas 4

Kita sudah tahu bahwa pada tema 5 kelas 4 pahlawanku ini terdiri dari 3 subtema. Apabila kami bahas dalam 1 postingan ini rasanya berlebihan dan kurang sedap dibaca. Maka pada pada postingan kali ini hanya kami fokuskan pada materi subtema 1 kelas 4 tema 5.

Secara umum kerajaan di Indonesia terbagi menjadi 3 macam;

A. Kerajaan bercorak Hindu:

Agama Hindu sampai di Indonesia dibawa oleh orang India. Beberapa contoh kerajaan bercorak Hindu di Indonesia antara lai:

1. Kutai, kerajaan hindu tertua di Indonesia

2. Tarumanegera, kerajaan hindu tertua di Pulau Jawa

3. Kediri

4. Singosari

5. Majapahit

6. Mataram Lama Hindu

Beberapa peninggalan kerajaan Hindu di Indonesia antara lain; bangunan candi, patung, relief, karya sastra dan juga beberapa upacara adat.

Berikut ini beberapa kerjaan bercorak Hindu dan contoh peninggalan bersejarahnya:

a. Kerajaan Kutai

Kerajaan kutai merupakan kerajaan hindu tertua di Indonesia. Kerajaan Kutai berdiri sekitar tahun 400 Masehi. Letek kerajaan Kutai yaitu di tepi Sungai Mahakam Kalimantan Timur. Pendiri kerajaan Kutai adalah Raja Kudungga. Raja Terkenalnya adalah Mulawarman. Kerajaan Kutai mulai memeluk agama Hindu sejak pemerintahan Raja Aswawarman. Peninggalankerajaan Kutai yaitu tugu batu yang disebut yupa.

b. Tarumanegara

Kerajaan Tarumanegara berdiri pada tahun 450 Masehi di daerah Bogor, Jawa Barat. Tarumanegara merupakan kerajaan hindu tertua di Jawa. Raja terkenal dari Tarumanegara adalah Purnawarman. Beberapa peninggalan sejarah dari kerajaan Tarumanegara anatara lain: 7 buah prasasti, yaitu: prasasti Ciaruteun, Kebon Kopi, Tugu, Lebak, Jambu, Muara Cianten, dan Pasir Awi. Pada masa kerajaan Tarumanegara bisa membangun sungai Gomati sebagai sarana irigasinya.

c. Kerajaan Kediri

Kerajaan Kediri terletak di sekitar Sungai Brantas, Jawa Timur. Raja terkenal di Kediri adalah Jayabaya, yang terkenal akan ramalannya, Jangka Jayabaya. Raja Terakhir kerajaan kediri adalah Kertajaya, yang akhirnya dikalahkan oleh Ken Arok.

Bnayak sekali peninggalan kerajaan kediri, antara lain: Prasasti Padlegan, Prasasti Panumbangan dan Prasasti Palah. Dalam bentuk karya sastra Kerajaan Kediri memiliki peninggalan Kitab Smaradhahana merupakan karya Mpu Darmaja, dan Kitab Hariwangsa karangan Mpu Panuluh serta Kitab Krinanaya karangan Mpu Triguna.

d. Kerajaan Singosari

Kerajaan Singosari didirikan oleh Ken Arok setelah mengalahkan Raja Kertajaya (Kediri). Kerajaan Singosari berdiri sekitar tahun 1222 Masehi. Kerajaan Singosari terletak di daerah Singasari, Jawa Timur. Raja terkenal di Singosari adalah Kertanegara.

Berikut ini beberapa peninggalan kerajaan Singosari:

1. Candi Jago merupakan makam Raja Wisnuwardhana

2. Candi Singasari dan Candi Jawi sebagai makam Raja Kertanegara

3. Candi Kidal sebagai makam Anusapati

4. Patung Prajmaparamita, merupakan patung perwujudan Ken Dedes istri dari Ken Arok.

e. Kerajaan Majapahit

Majapahit didirikan oleh Raden Wijaya. Kerajaan Majapahit terletak di delta Sungai Brantas Jawa Timur. Raja Terkenal majapahit adalah Hayam Wuruk dengan Mahapatih Gajah Mada. Bahkan Majapahit sering disebut Kerajaan Nusantara 2, karena mampu menyatukan Nusantara.

Beberapa peninggalan sejarah kerajaan Majapahit, adalah:

1. Beberapa bangunan candi, antara lain: Candi Panataran, Sawentar, Sumberjati di Blitar, Candi Suwana di Kediri, Candi Tikus di Trowulan, Mojokerto, dan Candi Jabung di Kraksaan.

2. Berupa karya sastra, antara lain: Kitab Negarakertagama karangan Mpu Prapanca berisi tentang sejarah kerajaan Singosari dan Majapahit, memuat istilah Pancasila. Kitab Sutasoma karangan Mpu Tantular berisikan istilah Bhineka Tunggal Ika.

Beberapa candi bercorak hindu di Indonesia adalah: Candi Prambanan, Candi Dieng, Candi Gedung Sanga, Candi Panataran, Candi Sukuh dan Candi Singasari.

 B. Kerajaan bercorak Budha

Beberapa kerajaan di Indonesia yang bercorak Budha antara lain: Kerajaan Kaling, Kerajaan Sriwijaya, dan Kerajaan Mataram Budha.

a. Kerajaan Kaling atau Kalingga

Kerajaan Kaling berdiri sekitar abad 6 Masehi. Kaling terletak di Japara, Jawa Tengah. Masa Kejayaan Kerajaan Kalingga pada masa pemerintahan Ratu Sima. Runtuhnya kerajaan Kalingga karena mendapat serangan dari Sriwijaya yang ingin menguasai perdagangan. Karena serangan itu yang mengakibatkan pemerintahan Kalingga menyingkir ke pedalaman Jawa bagian Tengah yakti sekitar tahun 742 – 755 Masehi.

Peninggalan kerajaan Kaling atau Kalingga, antara lain: Prasasti Tukmas, Prasasti Sojomerto, Prasasti Upit dan Candi angin serta candi Bubrah.

b. Kerajaan Sriwijaya

Salah satu kerajaan budha terbasar di Indonesia adalah kerajaan Sriwijaya. Sriwijaya didirikan sekitar abad 7 Masehi di daerah sekitar muara Sungai Musi. Sriwijaya mencapai puncak kejayaan pada masa Balaputradewa. Bahkan Sriwijaya dikenal dengan sebutan Nusantara 1. Beberapa hal yang menyebabkan Kerajaan Sriwijaya terkenal, antara lain:

1. Kerajaan Sriwijaya sebagai negara Maritim yang memiliki armada alaut yang kuat dan tangguh.

2. Sriwijaya sebagai pusat perdagangan karena sebagai jalur pelayaran dan perdagangan dari Indi – Cina.

3. Dan Sriwijaya sebagai pusat pendidikan dan penyebaran agama Budha. memiliki guru besar yang bernama Sakyakirti.

Sebab Keruntuhan kerajaan Sriwijaya:

1. mendapat serangan dari Raja Dharmawangsa pada 990 M.

2. adanya serangan dari kerajaan Colamandala yang diperintah oleh Raja Rajendracoladewa.

3. Adanya pengiriman ekspedisi Pamalayu atas perintah dari Raja Kertanegara, 1275 – 1292.

4. Muncul dan berkembangnya kerajaan Islam di Indonesia yakni Samudra Pasai.

5. Mendapat serangan dari kerajaan Majapahit dipimpin Adityawarman atas perintah Mahapatih Gajah Mada, 1477. Sehingga Sriwijaya menjadi taklukkan Majapahit.

Beberapa peninggalan kerajaan sriwijaya, antara lain: Prasati Talang Tuo dan Prasasti Kedukan Bulit serta Candi Muara Takus.

C. Kerajaan Bercorak Islam di Indonesia

Agama Islam masuk ke Indonesia sekitar abad 7 masehi dengan dibawa oleh para pedagang dari Gujarat, Persia dan Arab. Beberapa peninggalan sejarah bercorak Islam di Indonesia, antara lain:

a. Bangunan Masjid

Masjid kuno peninggalan sejarah Islam di Indonesia, antara lain Masjid demak, Masjid Kudus, masjid Banten dan Masjid Ternate. Beberapa ciri ciri masjid kuno di Indonesia, antara lain:

1. mempunyai denah berbentuk bujur sangkar

2. pada sisi barat terdapat bangunan menonjol yang disebut mihrab sebagai tempat imam sholat

3. terdapat serambi di sisi masjid

4. Atap masjid beratap susun atau tumpang

5. Masjid memiliki 4 tiang induk atau soko guru

6. terdapat menara sebagai tempat adzan

b. Seni Kaligrafi

Seni Kaligrafi adalah seni melukis indah dengan menggunakan huruf Arab atau ayat ayat Al Qur’an. Seni kaligrafi ini mulai berkembang pada abad 16 masehi. Awalnya kaligrafi dipahat pada batu kemudian ditulis dalam kertas.

c. Seni Sastra

Peninggalan sejarah Islam yang berupa karya sastra bercorak islam, antara lain:

1. Hikayat, dongeng yang dibuat sebagai pelipur lara dan kesedihan

2. Babad, cerita berlatar sejarah namun tidak disertai bukti bukti sejarahnya.

3. Syair, puisi lama yang bersajak kembar.

4. Suluk, kitab mengenai tasawuf.

d. Kerajan atau Kasultanan Islam 

Beberapa kerajaan atau kasultanan Islam yang pernah ada di Indonesia, di antaranya:

1. Samudra Pasai 

Merupakan kerajaan islam pertama di Indonesia. Letaknya di daerah Lhoksumawe, Aceh. Pendiri kerajaan Samudra Pasai adalah Sultan Malik As Saleh. Kerajaan Samudra Pasai mengalami kemunduran setelah diserang Kerajaan Aceh. Beberapa peninggalan kerajaan Samudra Pasai adalah:

– Batu nisan Sultan Malik As Saleh

– Candradinya yaitu hadiah kaisar Cina.

– Bekas kerajaan Samudra Pasai yang terletak sekitar 18 km sebelah timur Kota Lhoksumawe.

2. Kerajaan Aceh

Kerajaan Aceh didirikan oleh Sultan Ibrahim pada tahun 1514. Kerajaan Aceh mengalami puncak kejayaan pada masa pemerintahan Sultan iskandar Muda. Peninggalan kerajaan Aceh antara lain: Masjid baiturrahman, Benteng Indra Patra dan Makam Sultan Iskandar Muda.

3. Kerajaan Demak

Kerajaan demak didirikan oleh Raden Patah sekitar tahun 1478 masehi. Demak merupakan kerajaan Islam pertama di pulau Jawa. Demak mengalami kejayaan pada masa Sultan Trenggono. Beberapa peninggalan kerajaan Demak antraa lain:

– Masjid Agung Demak didirikan oleh walisongo

– Piring Campa merupakan pemberian ibu Raden Patah yang dipasang pada tembok imam masjid

– pintu bledeg dibuat oleh Ki Ageng Selo

– Saka tatal merupakan 4 tiang utama masjid demak dibuat oleh para wali dari tatal atau serpihan kayu yang diikat jadi satu

– dampar kencana, merupakan tempat duduk para Sultan.

4. Mataram Islam

Pusat pemerintahan Pajang dipindahkan ke Mataram oleh Sutawijaya sehingga berdirilah Kasultanan Mataram yang berpusat di Kota Gede, Yogyakarta. Kerajaan Mataram mencapai kejayaan pada Sultan Agung (1613 – 1645).

5. Kerajaan Banten

Banten dikuasai Demak setelah ditakhlukan oleh Fatahillah. Pada saat pemerintahan Hassanudin (putra fatahillah) kasultanan Banten merdeka. Dan bahkan kasultanan Banten dikenal sebagai pusat kerajaan Islam di daerah barat Pulau Jawa. Banten mengalami kejayaan pada masa pemerintahan Sultan Ageng Tirtayasa. Berikut peninggalan kasultanan Banten, di antaranya:

a. Masjid Banten dibangun Sultan Maulana Yusuf

b. Keraton Surosowan

c. Benteng Speelwijck, bekas benteng kasultanan Banten.

d, Meriam Ki Amuk yang terbuat dari perunggu.

e. Pelabuhan karang hantu

6. Kerajaan Goa dan Tallo

Kerajaan Gowa Tallo terletak di Sulawesi Selatan. Kedua kerajaan ini lebih dikenal dengan sebutan kerajaan Makassar. Kerajaan Makassar mengalami puncak kejayaan pada masa Sultan Hassanuddin. Sultan Hassanuddin mendapat julukan Ayam Jantan dari Timur. Peninggalan sejarah Kasultanan Makassar antara lain:

a. Istana tua dari kayu yang disebut Museum Ballompua.

b. Makam Sultan Hassanuddin

c. Benteng Makassar merupakan bekass Benteng Fort Roterdam

7. Kasultanan Ternate dan Tidore

Kasultanan ternate merupakan kerajaan Islam yang terletak di daerah Maluku. Sultan yang pertama kali berkuasa adalah Sultan Zainal Abidin. Peninggalan sejarah kerajaan ternate adalah:

a. Istana sultan Ternate

b. Benteng kasultanan Ternate

c. Masjid Ternate

Kesultanan Tidore merupakan kesultanan Islam yang berda di Kepulauan Maluku. Sultan yang terkenal dari Kesultanan Tidore adalah Sultan Nuku, yang berhasil memperluas wilayahnya hingga wilayah Papua dan Halmahera. Peninggalan Kasultanan Tidore antara lain;

a. Benteng peninggalan Portugis, Spanyol dan Belanda

b. Benda benda bersejarah kasultanan Tidore.

e. Tradisi Islam

Beberapa tradisi dari sejarah Islam di Indonesia antara lain;

a. Sekaten dari Surakarta dan Yogyakarta

b. Grbeg maulud dari Yogyakarta

c. Dug deran dari Semarang

d. Yaqowiyyu dari jatinom, Klaten

Materi Tema 5 Kelas 4 Sifat Sifat Cahaya

Untuk materi ipa kelas 4 tema 5 membahas tentang sifat sifat cahaya. Berikut ini sifat sifat cahaya yang wajib kita ketahui beserta contoh contohnya di antaranya;

a. Cahaya merambat lurus

b. Cahaya dapat dibiaskan

c. Sifat Cahaya dapat menembus benda bening

d. Cahaya dapat dipantulkan

e. Cahaya dapat diuraikan.

Untuk contoh contoh cahaya merambat lurus, Contoh cahaya dapat dibiasakan, contoh cahaya dapat dipantulkan, contoh cahaya dapat diuraikan dan contoh sifat cahaya dapat menembus benda bening bisa dibaca di link di bawah ini.

Ringkasan Materi Cahaya Kelas 4 Semester 1 Contoh Soalnya

Arti Lambang Sila keempat Pancasila

Sila keempat Pancasila berbunyi “Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan. Lambang sila keempat Pancasila adalah kepala banteng. Kepala banteng melambangkan hewan sosial yang suka berkumpul, seperti halnya kegiatan musyawarah.

Beberapa makna dari sila keempat Pancasila antara lain;

a. mengutamakan kepentingan negara dab masyarakat

b. tidak memaksakan kehendak kepada orang lain

c. mengutamakan budaya bermusyawarah dalam mengambil keputusan bersama

d. bermusyawarah hingga tercapai kata mufakat yang diselimuti semangat kekeluargaan.

Beberapa contoh sikap yang mencerminkan sila keempat pancsila antara lain;

a. selalu mengedepankan musyawarah mufakat dalam menyelesaikan permasalahan yang menyangkut kepentingan bersama.

b. menjalankan hasil keputusan bersama dengan penuh tanggung jawab

c. tidak boleh memaksakan kehendak kepeda orang lain

d. mmenghormati dan menjunjung tinggi setiap keputusan yang diambil melalui musyawarah

e. menghormati pendapat peserta lain dalam musyawarah.

Materi Tema 5 Kelas 4 SBdP

Lagu Maju Tak Gentar nerupakan lagu ciptaan dari Comel Simanjuntak Lagu Maju Tak Gentar digunakan untuk mendukung revolusi di tahun 1945. Lagu Maju Tak Gentar ini berguna untuk memotivasi rakyat berperang serta membangkitkan semangat membela tanah air.

Dalam menyanyikan sebuah lagu juga memperhatikan ritme. Ritme merupakan panjang pendeknya bunyi dari serangkaian not yang dihitung dengan ketukan. Tempo yang dipakai dalam lagu Maju Tak Gentar adalah Marcia yang berarti dinyanyikan dengan kecepatan seperti orang berbaris.

Nah, mungkin hanya ini yang bisa rangkuman materi kelas 4 tema 5 subtema 1 yang bisa kami bagikan pada kesempatan kali ini. Untuk mupel matematika tidak bisa kami bahas pada kesempatan kali ini. Sedangkan untuk materi kelas 4 yang lain bisa dibaca di link bawah ini:

Rangkuman tema 1 kelas 4 revisi 2018

rangkuman materi tema 5 kelas 4 subtema 2

Materi tema 5 kelas 4 Pahlawanku subtema 3

Contoh soal tema 5 kelas 4 dan kunci jawaban

Semoga pembahasan kita kali ini bermanfaat dan terima kasih telah berkenan membaca postingan kami tentang rangkuman materi tema 5 kelas 4.

Gambar Gravatar
Saya hanya seorang pengajar SD, yang mencoba berbagi ilmu yang aku miliki. Semoga apa yang aku bagikan bermanfaat bagi kita semua. Bagi sahabat yang punya saran atau kritik bisa menghubungi kami pada kontak Whatsapp dengan nomor 0882  3212 3181 (Maaf jika low respon).