Bagaimana Proses Terjadinya Angin Darat, Simak Penjelasannya !

Diposting pada

Bagaimana proses terjadinya angin darat? Sering kita mendengar istilah angin. Angin adalah udara yang bergerak. Angin bergerak dari tempat yang memiliki tekanan udara yang tinggi menuju tempat yang memiliki tekanan udara yang rendah. Lantas seperti apa tempat yang bertekanan udara tinggi maupun rendah? Ketika udara dipanaskan atau terkena panas maka udara akan memuai. Udara yang memuai menjadi lebih ringan, hal ini menyebabkan udara tersebut bisa naik. Apabila hal ini terjadi menyebabkan tekanan udara menjadi turun atau rendah. Dan begitu sebaliknya.

Pengertian Angin Darat

Angin darat adalah angin yang bertiup dari daratan menuju ke laut. Biasanya peristiwa ini terjadi pada waktu malam hari. Kejadian ini dimanfaatkan oleh para nelayan untuk berangkat berlayar mencari ikan dilaut. Lantas bagaiamana proses terjadinya angin darat?

Proses Terjadinya Angin Darat

Angin darat merupakan salah satu contoh dari perpindahan panas secara konveksi. Perpindahan panas secara konveksi adalah perpindahan panas yang diikuti dengan perpindahan zat perantaranya. Pada umumnya peristiwa perpindahan panas secara konveksi ini terjadi pada zat cair maupun gas. Perpindahan panas secara konveksi terjadi karena perbedaan massa jenis antara dua buah benda.

Ketika zat atau benda menerima panas atau kalor akan mengalami pemuaian. Dan hal ini membuat benda tersebut menjadi lebih ringan sehingga akan tertarik ke atas. Ketika zat yang mengalami pemuaian tersebut naik ke atas maka molekul zat yang ada di atasnya akan bergerak turun untuk menggantikannya. Peristiwa ini bisa kita amati pada saat kita merebus kacang hijau atau pun merebus air.

Baca juga: Rangkuman materi panas dan suhu dan contoh soal

Kembali lagi ke topik bahasan kita yakni proses terjadinya angin darat. Seperti yang sudah kami utarakan sebelumnya bahwa angin darat adalah angin yang bertiup dari daratan menuju ke laut. Dan peristiwa ini terjadi pada waktu malam hari. Angin darat terjadi karena udara yang ada di daratan lebih cepat dingin daripada udara yang ada di lautan. Akibatnya, udara yang ada di atas laut akan naik ke atas dan udara yang ada di daratan akan menggantikan posisi udara yang naik ke atas tadi.

Secara singkat bisa dikatakan bahwa proses terjadi angin darat adalah sebagai berikut:

Angin darat terjadi karena udara di darat lebih cepat dingin daripada udara yang ada di laut. Akibatnya udara yang ada di atas laut akan naik dan udara yang di darat akan bergerak menggantikan posisi udara yang naik tersebut.

Kesimpulan:

Angin darat merupakan angin yang bergerak dari darat menuju ke laut. Biasanya terjadi pada malam hari. Angin darat dimanfaatkan para nelayan untuk berangkat berlayar mencari ikan di laut.

Baca juga: Proses terjadinya angin laut dan manfaatnya.

Sekian pembahasan kita kali ini. Semoga pembahasan yang singkat tentang proses terjadinya angin darat ini bisa menambah wawasan kita. Terima kasih telah berkenan berkunjung dan membaca postingan kami ini. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.