SOAL CAT CPNS BKN 2019

Bocoran Soal Cat CPNS 2019 Lengkap Dengan Pembahasannya

Diposting pada

Bocoran Soal Cat CPNS 2019. Saat ini latihan soal tes CPNS banyak dicari oleh warganet. Terutama mereka yang bermimpi untuk menjadi ASN atau pun PNS. Karena banyaknya minat warganet tersebut kami akan mencoba memberikan contoh latihan soal cpns dan pembahasannya.

Menurut judul postingan di atas pasti sahabat pena pengajar bertanya tanya. Apakah soal soal yang dibagikan nanti benar benar bocoran dari CAT CPNS di tahun 2018 atau pun 2019? Kami pastikan bahwa soal soal yang kami bagikan ini bukan merupakan bocoran dari soal CAT yang dibuat dan dimuat di situs BKN. Melainkan soal ini hanya sekedar latihan dalam menghadapi tes CPNS yang akan datang yakni di tahun 2019. Meskipun tidak sama persis dengan soal soal CAT CPNS BKN namun soal soal ini dibuat berpedoman pada kisi kisi yang ada.

Sebelum kami membagikan soal cpns 2018 2019 dan kunci jawaban. Kami akan mengingatkan kembali tentang alur yang harus dilalui untuk menjadi seorang CPNS. Mari kita simak bersama sama.

Tahap Pendaftaran CPNS 2019

Salah satu syarat untuk menjadi CPNS lewat CAT BKN ini adalah pendaftaran. Tanpa pendaftaran maka seseorang mustahil bisa menjadi CPNS. Lalu bagaimana cara mendaftarnya? Untuk mendaftar dalam tes seleksi CPNS tahun 2019 ini maka sahabat pena pengajar harus membuat akun di portal SSCN BKN. Dan berikut ini penjelasan lengkapnya.

1. Dengan mengakses portal atau laman SSCN BKN

Langkah pertama dalam mendaftar tes CPNS ini harus mengunjungi portal SSCN dengan alamat kurang lebih seperti ini https://sscn.bkn.go.id atau lebih mudahnya klik daftar di sini. Dalam portal SSCN ini para pelamar bisa mendapatkan beberapa informasi mengenai tes CPNS 2019 ini.

2. Membuat akun di SSCN 2019

Untuk membuat akun di portal SSCN BKN ini pelamar dapat mengikuti alur di bawah ini:

a. Pilih menu regristrasi

b. Pelamar diminta mengisikan data seperti: NIK, Nomor KK atau pun NIK Kepala Keluarga.

c. Pelamar diwajibkan mengisikan alamat email yang aktif dan bikin password akun portal SSCN serta pertanyaan keamanan.

d. Setelah itu kita diminta untuk mengupload atau mengunggah pass photo dengan ukuran min.120 kb dan max 200 kb dengan format yang diizinkan yakni JPG, JPEG.

e. Tahap selanjutnya kita diminta mencetak Kartu Informasi akun SSCN 2019.

Nah sampai di sini tahap pembuatan akun di SSCN sudah selesai.

3. Masuk di akun SSCN

Setelah kita sukses membuat akun di portal SSCN. Kita diminta untuk meneruskan tahap pendaftaran yang selanjutnya yakni login pada akun SSCN yang telah dibuat. Silahkan sahabat login dengan NIK dan password yang telah didaftarkan.

4. Mendaftar Instansi

Setelah kita login di akun SSCN BKN 2019 tersebut. Sahabat diminta untuk menyelesaikan tahapan selanjutnya, di antaranya:

a. Mengunggah pass foto diri yang sedang memegang KTP dan kartu informasi akun tersebut. Sebagai bukti bahwa sahabat telah melakukan tahap pendaftaran.

b. Melengkapi biodata kita.

c. Memilih instansi dan formasi serta jabatan sesuai pendidikan kita.

d. Melengkapi data diri pada form yang tersedia dalam portal SSCN BKN

e. Mengunggah dokumen dokumen yang dibutuhkan sesuai dengan persyaratan instansi.

f. Mengecek kembali isian yang telah dilengkapi pada form Resume.

g. Langkah selanjutnya yakni  dengan mencetak kartu pendaftaran SSCN 2019.

5. Verifikasi Pendaftaran CPNS

Proses pendaftaran yang terakhir adalah tahap verifikasi pendaftaran. Setelah kita mengirimkan data diri atau proses pendaftaran CPNS di atas. Maka Tim verifikaror akan melakukan verifikasi berkas atau dokumen yang telah kita unggah atau kirimkan. Namun dengan syarat bahwa pelamar telah mengirimkan berkas fisik ke alamat yang tercantum atau tersedia.

Pelamar yang dinyatakan lulus seleksi administrasi ini akan mendapatkan kartu ujian. Dan kartu ujian ini yang digunakan untuk mengikuti proses seleksi CPNS atau tes CAT BKN 2019.

Tahap Seleksi Kompetensi Dasar ( SKD )

Tahap seleksi dasar atau SKD ini diperuntukan bagi pelamar yang dinyatakan lulus administrasi. Dalam tahapan ini pelamar harus menyelesaikan beberapa soal yang terbagi menjadi 3 kelompok. Di tahun 2018 kemarin pelamar harus menyelesaikan 100 soal yang terdiri dari 35 soal Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), 30 soal Tes Intelegensia Umum (TIU) dan 35 soal Tes Karakteristik Pribadi (TKP). Bobot nilai untuk tahap seleksi kompetensi dasar hanya 40%. Pelamar yang dinyatakan lulus pada tahap SKD ini harus melampaui passing grade sebagai berikut yakni TWK dengan nilai 75, TKP dengan nilai 143 dan TIU dengan nilai 80.

Kisi kisi soal TWK, TIU dan TKP

Agar lebih mudah dalam belajar soal cpns 2019 ini kami lengkapi pula kisi kisi soal CPNS 2019

1. Tes Wawasan Kebangsaan (TWK)

Dalam soal CAT CPNS bagian Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) adalah bagian dari Tes Kompetensi Dasar yang diujikan pada pelamar atau peserta seleksi CPNS 2019. Dalam tes TWK ini menilai kemampuan peserta seleksi CPNS dalam hal pengetahuan dan kemampuan dalam mengimplementasikan nilai-nilai4 Pilar Kebangsaan Indonesia yang meliputi: Pancasila, UUD 1945, Sistem Tata Negara Indonesia, Sistem pemerintahan pusat dan daerah, sejarah perjuangan bangsa, peranan bangsa Indonesia serta kemampuan berbahasa Indonesia. Pada tahun kemarin jumlah soal untuk Tes TWK ini sebanyak 35. Dan tiap peserta harus minimal mendapatkan nilai 75.

Gambar Gravatar
Saya hanya seorang pengajar SD, yang mencoba berbagi ilmu yang aku miliki. Semoga apa yang aku bagikan bermanfaat bagi kita semua. Bagi sahabat yang punya saran atau kritik bisa menghubungi kami pada avindacynthiasari@gmail.com. Saya juga admin di blog sekedar info ( blog kesehatan, budidaya, percintaan, kecantikan, dan fashion )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *