Pengertian Bangun Ruang dan Sifat Sifat Bangun Ruang

Diposting pada

Sifat sifat bangun ruang yang satu dengan yang lain tentu saja berbeda. Dan pada kesempatan kali ini, kita akan membahasnya secara lengkap. Mulai dari pengertian, contoh atau macamnya serta sifat sifat bangun ruang. Materi perlu dikuasai mengingat dari kelas 4 SD materi ini sudah mulai diajarkan kepada siswa. Lantas apa yang dimaksud dengan bangun ruang?

Pengertian Bangun Ruang

Bangun ruang atau sering disebut juga bangun tiga dimensi adalah jenis bangun yang mempunyai ruang dan juga sisi sisi yang membatasinya. Jumlah dan bentuk dari sisi bangun ruang tersebut menjadi ciri khusus atau ciri khas yang membedakan bangun ruang yang satu dengan bangun ruang yang lain. Misalnya alasnya berbentuk segitiga maka bangun tersebut juga akan memakai nama segitiga, seperti limas segitiga dan prisma segitiga. Dan jika mempunyai sisi alas berbentuk segi empat, maka akan memakai nama segiempat, seperti limas segiempat dan prisma segiempat.

Unsur Unsur Bangun Ruang

Setidaknya ada 3 sampai 6 unsur yang ada pada bangun ruang, di antaranya: sisi, rusuk, titik sudut, diagonal sisi, diagonal ruang dan juga bidang diagonal. Namun secara keseluruhan dimiliki oleh bangun ruang adalah sisi, rusuk dan titik sudut.

  1. Sisi adalah bidang pada sebuah bangun ruang yang membatasi antara bangun ruang tersebut dengan ruangan di sekitarnya.
  2. Rusuk adalah pertemuan dua sisi yang berupa ruas garis yang merupakan perpotongan dari kedua sisi bangun ruang.
  3. Titik sudut adalah titik yang merupakan hasil pertemuan dari 3 rusuk atau lebih.

Selain ketiga unsur di atas, kita juga harus mengenal unsur bangun datar yang lainnya, seperti:

4. Diagonal sisi adalah garis yang menghubungkan dua titik sudut dalam satu bidang sisi.

5. Diagonal ruang adalah garis yang menghubungkan antara 2 titik sudut yang tidak sebidang. Biasanya diagonal ruang bangun ruang ini berpotongan di tengah-tengah kubus.

6. Bidang diagonal adalah bidang yang memuat 2 rusuk berhadapan di dalam sebuah bangun ruang. Dan biasanya melalui diagonal ruang.

Contoh Bangun Ruang

contoh bangun ruang

Sudah dibahas si awal bahwa contoh bangun ruang sangatlah banyak. Dan berikut ini contoh contoh atau macam macam bangun ruang yang harus kita ketahui, di antaranya:

a. kubus

b. balok

c. prisma, baik prisma segitiga dan prisma segiempat.

d. limas, baik limas segitiga dan limas segiempat.

e. kerucut

f. tabung

g. bola.

Untuk keterangan selengkapnya bisa dibaca pada masing masih penjelasan yang ada di bawah ini.

Sifat Sifat Bangun Ruang

Dalam menentukan sifat sifat bangun datar terlebih dulu kita harus membedakan bangun ruang tersebut. Karena sifat bangun ruang tidak dapat disebutkan secara umum. Nah, postingan ini akan membahas tuntas materi yang berkaitan dengan sifat bangun ruang mulai dari kubus hingga kerucut. Sifat sifat dari bangun ruang ini nanti berkaitan dengan jumlah sisi, rusuk, titik sudut, diagonal sisi, diagonal ruang dan bidang diagonal.

Sifat Sifat Bangun Ruang Kubus

 

Kubus merupakan bangun ruang yang dibatasi oleh 6 buah bidang sisi yang berbentuk persegi. Bisa dikatakan kubus adalah bangun ruang yang terdiri 6 buah persegi yang kongruen (sama dan sebangun).

Sifat – sifat kubus antara lain:

a) Mempunyai 6 buah sisi yaitu: ABCD, EFGH, BCFG, ADHE, ABEF dan CDHG.
b) Mempunyai 12 Rusuk yaitu: AB, BC, CD, AD, EF, FG, GH, EH, AE, BF, CG, dan DH.
c) Mempunyai 8 titik sudut yaitu: A, B, C, D, E, F, G, dan H.

Selain unsur di atas, masih ada beberapa sifat dari kubus yang lain, antara lain:

d) Mempunyai 12 buah diagonal sisi, antara lain: AF, BE, BG, CF, CH, DG, DE, AH, AC, BD, EG, FH.
e) Mempunyai 4 buah diagonal ruang yang sama panjang, antara lain: AG, BH, CE, dan DF.
f) Mempunyai 6 buah bidang diagonal, antara lain: ACGE, BCHE, CDEF, ADGF, ABGH, dan BDHF.

Sifat Sifat Bangun Ruang Balok

Balok adalah bangun ruang yang dibatasi oleh 6 buah sisi yang berbentuk persegi panjang, dimana sisi-sisinya saling berhadapan, sejajar dan kongruen.

Sifat sifat balok antara lain:

 

 

 

Gambar Gravatar
Saya hanya seorang pengajar SD, yang mencoba berbagi ilmu yang aku miliki. Semoga apa yang aku bagikan bermanfaat bagi kita semua. Bagi sahabat yang punya saran atau kritik bisa menghubungi kami pada avindacynthiasari@gmail.com. Saya juga admin di blog sekedar info ( blog kesehatan, budidaya, percintaan, kecantikan, dan fashion )