organ gerak manusia dan hewan kelas 4 dan kelas 5

Ringkasan Materi Organ Gerak Manusia Dan Hewan Terlengkap

Diposting pada

Selamat pagi sahabat Pena Pengajar. Pada kesempatan kali ini, kami akan mengajak sahabat untuk mempelajari dan membahas tentang ringkasan materi organ gerak manusia dan contoh soalnya. Penasaran, yuk kita mulai pembahasan kita.

Pengertian Sistem Gerak

Salah satu ciri ciri makhluk hidup yaitu bergerak. Gerak bisa diartikan dengan perubahan sebagian atau seluruh bagian tubuh makhluk hidup. Secara umum gerak dapat diartikan berpindah tempat. Makhluk hidup bisa bergerak apabila mendapatkan rangsangan. Perlu diketahui bahwa baik manusia dan hewan membutuhkan organ gerak dalam sistem gerak. Apa sistem gerak itu?

Sistem gerak merupakan suatu sistem yang terbentuk dari alat gerak pasif dan aktif dalam melakukan pergerakan. Alat gerak pasif pada manusia dan hewan adalah tulang. Sedangkan alat gerak aktif manusia dan hewan yaitu otot. Mari kita bahas satu per satu alat gerak pada manusi adan hewan.

Organ Gerak Manusia

Sudah disebutkan di atas bahwa organ gerak manusia dibedakan menjadi 2 yaitu organ gerak pasif (tulang) dan organ gerak aktif (otot).

Organ gerak manusia pasif

Tulang merupakan organ gerak manusia pasif. Dan tulang tulang ini akan tersusun secara teratur membentuk menjadi rangka. Bisa dikatakan bahwa rangka adalah susunan tulang yang sangat teratur. Rangka manusia dibedakan menjadi 3 bagian antara lain rangka kepala (tengkorak), rangka badan dan rangka anggota gerak.

Rangka Tengkorak

Rangka kepala sering disebut juga rangka tengkorak. Rangka kepala atau tengkorak berguna untuk melindungi organ penting yaitu otak. Di dalam tengkorak tersusun oleh beberapa tulang yang berbentuk pipih. Dan berikut ini beberapa tulang penyusun rangka kepala atau tengkorak manusia; tulang dahi, tulang pelipis, tulang belakang kepala, tulang ubun ubun, tulang baji, tulang tapis.

Sedangkan pada bagian wajah manusia terdiri dari tulang hidung, tulang pipi, tulang rahang atas dan bawah dan tulang air mata. Untuk lebih jelasnya bisa melihat gambar rangka kepala di bawah ini.

rangka tengkorak kelas 4 dan kelas 5

Rangka badan

Rangka badan manusi tersusun dari tulang belakang, tulang dada, tulang rusuk, tulang selangka, tulang belikat, dan lain lain. Rangka badan ini berguna untuk melindungi organ tubuh manusia seperti jantung, paru paru, hati, dan lambung.

1. Tulang belakang

Tulang belakang manusia terdiri dari 7 ruas tulang leher, 12 ruas tulang punggung, 5 ruas tulang pinggang, dan 5 ruas tulang kelangkang serta 4 ruas tulang ekor.

tulang belakang manusia dan bagiannya

2. Tulang dada dan tulang rusuk

Tulang dada dan tulang rusuk manusia tersusun dari tulang yang berbentuk pipih. Dalam tulang rusuk manusi aterdiri dari 7 pasang tulang rusuk sejati, 3 pasang tulang rusuk palsu, dan 2 pasang tulang rusuk melayang. Selengkapnya bisa dilihat pada gambar di bawah ini.

tulang rusuk dan dada manusia

Rangka anggota gerak

Rangka anggota gerak manusia terdiri dari anggota gerak atas (tangan) dan rangka anggota gerak bawah (kaki). Rangka anggota gerak atas terdiri dari tulang lengan atas, tulang hasta, tulang pengumpil. tulang pergelangan tangan, tulang telapak tangan, dan tulang ruas ruas jari.

rangka gerak atas dan bawah

Sedangkan rangka gerak bawah yaitu berupa kaki, tersusun dari tulang paha, tulang tempurung lutut, tulang kering, tulang betis, tulang pergelangan kaki, tulang telapak kaki dan tulang ruas ruas jari kaki. Umumnya pada tulang anggota gerak atas dan bawah tersusun dari tulang yang berbentuk pipa.

rangka kaki manusia

Fungsi Rangka Pada Manusia

Secara umum rangka memiliki kegunaan dan fungsi bagi sistem gerak manusia. Berikut ini 6 fungsi rangka pada manusia, di antaranya:

  1. Menengakkan tubuh.
  2. Memberi bentuk pada manusia
  3. Melindungi organ penting, seperti: otak, jantung, paru paru, hati dan lambung.
  4. Tempat melekatnya otot.
  5. Tempat membuat sel sel darah merah atau eritrosit
  6. Tempat sumsum kuning manusia

Kelainan Rangka dan Tulang Manusia

Banyak sekali faktor yang menyebabkan terjadinya kelainan pada tulang dan rangka manusia, di antaranya: sikap duduk dan tidur yang tidak benar, terlalu berat bekerja atau beraktivitas, dan karena kecelakaan serta ancaman penyakit. Dan berikut ini beberapa kelainan tulang yang mungkin bisa terjadi, seperti:

1. Kelainan Tulang Belakang karena salah posisi tubuh

Kebiasaan duduk, tidur, berdiri dan membawa beban yang salah dapat menyebabkan kelainan pada tulang belakang. Ada 3 macam kelainan tulang belakang pada manusia, antara lain;

a. Kifosis, merupakan kondisi tulang punggung membengkok ke belakang, hal ini bisa disebabkan karena kebiasaan membungkuk.

b. Lordosis merupakan kondisi tulang punggung membengkok ke depan, hal ini bisa terjadi karena kebiasaan duduk yang terlalu tegak.

c. Skoliosis merupakan kelainan tulang belakang miring ke kiri atau ke kanan.

kelainan tulang belakang

Kelainan tulang karena kecelakaan

Mungkin karena kecelakaan lalu lintas, jatuh dari sepeda atau pohon, jatuh saat olahraga menyebabkan tulang mengalami kelainan, di antaranya:

a. Fraktura, adalah patah tulang karena kecelakaan.

b. Fisura, adalah tulang mengalami keretakan karena jatuh atau kecelakaan.

Kelainan tulang karena penyakit

Tak hanya kerena posisi tubuh yang kurang benar dan kecelakaan, kelainan tulang bisa disebabkan oleh infeksi bibit penyakit. Berikut ini jenis kelainan tulang karena penyakit, di antaranya:

a. Rakitis, adalah penyakit kekurangan vitamin D. Bagi orang yang terkena penyakit rakitis ini membuat tulang menjadi lemah dan tulang kaki berbentuk O atau X karena tidak kuat menahan beban tubuh.

b. Artritis adalah gangguan tulang yang berupa peradangan pada sendi, bisa karena keseleo, luka sendi atau infeksi.

c. Osteoporosis adalah gangguan tulang berupa pengeroposan tulang. Hal ini disebabkan karena kurang terpenuhi kebutuhan kalsium pada tulang.

d. Kaku sendi merupakan cacat pada bagian persendian sehingga sulit digerakkan.

e. Polio adalah gangguan tulang berupa ukuran tulang mengecil. Hal ini bisa disegah dengan imunisasi folio.

Cara memelihara kesehatan tulang dan rangka manusia

Banyak cara dan upaya untuk menjaga kesehatan tulang di antaranya:

a. mencukupi kebutuhan kalsium dan vitamin D

b. menghindari kegitan dan olahraga ekstrim, seperti panjat tebing, balapan.

c. menghindari kebiasaan duduk berdiri dan tidur yang kurang tepat.

Organ Gerak Manusia Aktif

Otot merupakan alat gerak aktif pada manusia. Otot dapat bergerak disebabkan adanya sel otot berkontraksi dan berelaksasi. Macam macam otot manusia ada 3 yaitu: otot polos, otot lurik dan otot jantung.

Otot Polos Manusia

Otot polos ini biasanya terletak pada bagian pembuluh draah, usus dan saluran kemih pada manusia. Otot polos manusia memiliki ciri ciri sebagai berikut:

a. bentuk otot polos seperti perahu.

b. terdapat pada organ dalam manusia.

c. memiliki inti sel yang berjumlah 1nterletak di bagian tengah.

d. waktuberkontraksi sekitar 3 hingga 180 detik.

e. pergerakannya lambat dan mudah lelah.

f. cara kerjanya tidak diperintah oleh otak.

Otot Lurik Manusia

Otot lurik pada manusia nampak jelas dari luar. Otot lurik memiliki ciri ciri sebagai berikut;

a. melekat pada rangka

b. berbentuk siliders dengan garis gelap dan terang

c. Inti sel berada pada tepi.

d. bekerja atas perintah dari otak.

e. cepat bergerak namun mudah lelah

f. Bentuknya panjang dan memiliki banyak inti sel.

Otot Jantung Manusia

Otot jantung manusia memiliki ciri ciri;

a. berbentuk silinders

b. terletak pada organ jantung.

c. memiliki 1 inti sel berada di tengah.

d. bekerja tanpa dipengaruhi oleh otak.

e. bekerja terus menerus tanpa mengalami lelah.

Fungsi Otot Pada Manusia

Seperti rangka, otot manusia juga memiliki fungsi dan kegunaan di antaranya:

a. menggerakkan jantung.

b. sebagai alat gerak aktif

c. mengalirkan darah ke seluruh tubuh.

Gerakan Otot manusia

Secara umum gerakan otot manusia dibedakan menjadi 2 yaitu; Otot protagonis dan otot antagonis. Otot protagonis adalah otot yang kerjanya dalam satu arah. Yang termasuk otot protagonis adalah otot betis, otot dada, otot paha dan otot perut. Sedangkan otot antagonis adalah otot yang cara kerjanya berlawanan arah. Seperti gerakan meluruskan, gerakan membengkokan dan gerakan menurun dan mengangkat beban.

Gangguan Otot pada Manusia

Tak hanya tulang yang bisa mengalami gangguan kesehatan ternyata otot juga bisa mengalami hal seperti itu. Berikut ini gangguan pada otot manusia antara lain;

a. Polio, merupakan kondisi mengecilnya otot karena terkena virus polio.

b. Tetanus, merupakan pemyakit yang menyebabkan otot tegang secara terus menerus. Hal ini disebabkan oleh infeksi bakteri tetanus.

c. Kram atau kejang otot, penyakit ini bisa disebabkan karena otot dipaksa kerja secara berlebihan atau karena udara dingin serta ketidakseimbangan air dalam tubuh.

d. Sakit Pinggang, sakit pinggang bisa terjadi karena mengangkat beban terlalu berat, hamil dan obesitas atau kegemukan.

e. Hernia Abdominalis, merupakan sobeknya dinding otot perut sehingga ke bawah dan masuk pada rongga perut.

f. Terkilir, Penyakit otot yang disebabkan oleh ujung tulang yang tidak kembali pada tempatnya.

Organ Gerak Hewan

Sebenarnya organ gerak hewan ini sudah kami bahas pada postingan kami sebelumya. Bila sahabat ingin membacanya bisa ikuti link organ gerak hewan. Ringkasan materi anggota gerak manusia dan hewan ini sangat cocok untuk kelas 4 kelas 5 dan juga kelas 6. Untuk contoh soal latihan organ gerak manusia dan hewan bisa dibaca dan dipelajari di sini.

Terima kasih telah berkenan membaca postingan kami tentang materi organ gerak manusia.

Gambar Gravatar
Saya hanya seorang pengajar SD, yang mencoba berbagi ilmu yang aku miliki. Semoga apa yang aku bagikan bermanfaat bagi kita semua. Bagi sahabat yang punya saran atau kritik bisa menghubungi kami pada avindacynthiasari@gmail.com. Saya juga admin di blog sekedar info ( blog kesehatan, budidaya, percintaan, kecantikan, dan fashion )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *