ciri ciri pubertas pada laki laki dan perempuan dan perempuan

Mengenal Ciri – Ciri Pubertas Pada Laki Laki dan Perempuan

Diposting pada

Ciri Ciri pubertas pada laki laki dan perempuan. Pada materi kelas 6 tema 6 Menuju Masyarakat Sejahtera terdapat materi pokok mengenai ciri ciri pubertas pada laki laki dan perempuan serta menjaga kesehatan organ reproduksi. Pada postingan ini akan kami bahas secara tuntas dan lengkap agar adik adik lebih mudah memahami tentang mupel IPA ini. Apa yang dimaksud dengan masa puber ? Nanti akan kita bahas pada penjelasan di bawah ini.

Penelusuran terkait: ciri ciri pubertas anak perempuan brainly, berikut adalah ciri ciri pubertas pada laki laki kecuali brainly, ciri fisik pubertas pada anak perempuan brainly, sebutkan dua ciri ciri masa pubertas pada perempuan, sebutkan 4 ciri ciri anak perempuan sudah mengalami masa puber, apa ciri ciri anak laki laki dan perempuan pada masa puber brainly, tips sukses pubertas brainly, ciri fisik pubertas pada perempuan brainly.

Pertumbuhan dan Perkembangan Manusia

Setiap makhluk hidup berupaya untuk melestarikan jenisnya dari kepunahan. Oleh sebab itu, setiap makhluk hidup harus mempunyai kemampuan untuk berkembang biak. Berkembang biak merupakan salah satu cara menciptakan generasi atau pun keturunan. Secara umum perkembangbiakan makhluk hidup, dibedakan jadi 2 cara antara lain:

1. Perkembangbiakan secara vegetatif ( tidak kawin), ialah Individu baru ( keturunan ) berasal hanya dari satu induk saja sehingga individu baru merupakan suatu bagian dari tubuh induknya. Sifat- sifat individu baru dari cara perkembangbiakan vegetatif sama persis dengan induknya.

2. Perkembangbiakan secara generatif (kawin), ialah individu baru ( keturunan ) merupakan hasil perkawinan antara induk jantan dengan induk betina. Perkawinan ataupun pembuahan merupakan suatu proses peleburan antara sel kelamin jantan dengan sel kelamin betina.

Supaya bisa berkembangbiak dan melestarikan keturunannya, manusia melakukan perkembangbiakan secara generatif dengan melalui perkawinan. Untuk melakukan perkembangbiakan maka manusia harus melalui tahapan perkembangan yang mengarah kedewasaan. Apa perbedaaan antara perkembangan dengan pertumbuhan?

Pertumbuhan merupakan pertambahan ukuran serta jumlah sel- sel yang bertambah besar dan tidak bisa mengecil kembali. Sebagai contoh: anak yang tumbuh menjadi anak remaja, sel- selnya mengalami pertumbuhan sehingga seseorang remaja tidak akan kembali lagi menjadi seorang bayi. Berkembang merupakan proses perubahan organ tubuh dan juga fungsinya untuk mengarah kedewasaan. Manusia tumbuh dan berkembang dari masa bayi, balita, anak anak, remaja, dewasa hingga usia lanjut.

Perubahan tinggi dan bentuk badan terjadi disebabkan manusia mengalami proses pertumbuhan dan juga perkembangan. Sedangkan pertumbuhan dan perkembangan pada manusia dari bayi hingga usia lanjut mengalami beberapa tahapan, di antaranya:

1. Masa fetus / hamil, merupakan semenjak terbentuknya zigot hingga janin di dalam rahim seorang ibu.
2. Masa balita merupakan semenjak bayi lahir hingga anak anak berusia 5 tahun.
3. Masa anak- anak, yaitu kira kira berusia 5 tahun hingga 10 tahun.
4. Masa remaja, yaitu ketika berusia 10 tahun hingga 17 tahun.
5. Masa dewasa, yaitu ketika berusia 18 tahun hingga 40 tahun
6. Masa tua, yaitu ketika berusia 50 tahun ke atas.

Manusia dewasa melahirkan seorang balita sehabis melalui tahapan masa kehamilan. Pada masa kehamilan calon bayi ( janin ) berkembang di dalam rahim seorang ibu, Masa kehamilan seorang ibu hingga bayi dilahirkan kira-kira 9 bulan. Setelah bayi berusia 5 sampai 6 bulan, bayi mulai bisa tengkurap dengan kepala tegak. Setelah itu bayi mulai belajar merangkak hingga berdiri ketika bayi berusia 9 sampai 12 bulan. Dan saat bayi berumur 18 bulan biasanya bayi sudah bisa berdiri sendiri.

Perkembangan Fisik Pada Laki Laki dan Perempuan

Manusia bisa mengawali proses perkembangbiakan ketika telah dewasa. Sebelum dewasa, manusia mengalami proses yang mengarah kedewasaan yang ditandai dengan masa pubertas. Masa pubertas sangat erat kaitannya dengan kemampuan manusia untuk melakukan perkembangbiakan. Sebab pada masa ini terjadi perubahan fisik pada tubuh laki laki dan perempuan yang memungkinkan manusia sudah bisa melakukan perkembangbiakan.

Masa pubertas ditandai dengan dihasilkan dan dikeluarkannya hormon tetosteron (laki – laki) dan hormon estrogen (perempuan). Kedua hormon ini diproduksi ketika memulai masa pubertas.

perubahan apa yang terjadi pada masa pubertas remaja laki laki dan perempuan ?

1. Perubahan Fisik pada Laki laki

Manusia bisa mengawali proses perkembangbiakan saat manusia telah dewasa. Sebelum dewasa, manusia mengalami proses yang mengarah kedewasaan yang ditandai dengan masa pubertas.

Pada masa awal pertumbuhan anak laki laki lebih lambat jika dibandingkan dengan anak perempuan. Namun pada masa tertentu laki akan mengejar pertumbuhannya dan bahkan lebih cepat dari anak perempuan. Secara fisik, laki laki mempunyai ciri ciri khusus yang membedakan dengan anak perempuan. Perkembangan fisik anak laki laki pada masa pubertas terbilang lebih cepat daripada anak perempuan. Anak laki laki mulai memasuki masa pubertas pada usia 13 sampai 17 tahun, ditandai dengan perubahan primer, yaitu mengalami mimpi basah. Mimpi basah ini menandakan bahwa hormon testosteron pada anak laki laki sudah berfungsi atau diproduksi.

Fungsi hormon testosteron pada laki laki tidak kami bahas di sini, mungkin akan adik adik pelajari di sekolah yang lebih tinggi.

Ciri Ciri Pubertas Pada Laki laki

Selain perubahan primer di atas, terdapat juga perubahan sekunder atau perubahan fisik pada tubuh anak laki laki. Dan berikut ini beberapa tanda pubertas pada laki laki, di antaranya:
a. Mulai tumbuh jakun di bagian leher.
b. Dada terlihat lebih bidang.
c. Mulai tumbuh rambut di bagian ketiak maupun daerah kemaluan.
d. Suara menjadi lebih berat dan besar

2. Perubahan Fisik pada Perempuan

Perempuan mempunyai bentuk tubuh yang berbeda dengan laki laki. Pada awal pertumbuhannya, biasanya anak perempuan lebih cepat dari anak laki laki. Anak perempuan mulai mengalami masa pubertas ditandai perubahan primer, yaitu dengan ditandai mengalami menstruasi atau haid pertama. Tahapan ini menandakan bahwa hormon estrogen pada perempuan sudah berfungsi atau diproduksi. Perempuan mulai mengalami tahapan masa pubertas kira- kira di usia 11- 16 tahun.

Ciri Ciri Pubertas pada perempuan

Selain berupa perubahan primer, perempuan juga mengalami perubahan sekunder di masa pubertas. Dan beberapa tanda tanda perubahan sekunder ini ditandai dengan: Seseorang wanita sudah dikira merambah masa pubertas bila pada badannya terjalin
a. Mulai berkembang dan membesarnya buah dada.
b. Pinggul mulai melebar.
c. Mulai tumbuh rambut di daerah ketiak maupun kemaluan.
d. Suara menjadi lebih melengking.

Cara Menjaga Kebersihan Organ Reproduksi pada Masa Pubertas

1. Membersihkan daerah kemaluan secara rutin dengan menggunakan air bersih setelah buang air.
2. Menjaga alat kelamin dalam keadaan bersih dan kering, atau hindari daerah kemaluan dari lembab yang berlebihan.
3. Memakai celana dalam dengan bahan yang mudah menyerap keringat dan usahakan tidak terlalu ketat.
4. Usahakan mengganti celana dalam minimal 2 kali sehari.
5. Menghindari kebiasaan menahan buang air.
6. Rajin mencukur rambut yang ada di sekitar daerah kemaluan apabila sudah panjang.
7. Rajin berolahraga dan perbanyak mengkonsumsi buah serta sayuran
8. Segera memeriksakan diri ke dokter apabila terdapat keluhan pada organ reproduksi.

Beberapa pertanyaan seputar materi masa pubertas 

Masa pubertas berkisar usia antara 13 sampai 17 untuk laki laki dan 11 sampai 16 untuk perempuan. 

bagaimana cara menjaga kesehatan reproduksi pada masa pubertas
perubahan fisik pada tubuh anak laki laki dan perempuan pada masa pubertas berguna untuk
perubahan fisik pada masa pubertas perempuan
bagaimana cara menyikapi masa pubertas dengan tepat
perubahan fisik pada laki laki dan perempuan pada masa pubertas
masa pubertas anak perempuan terjadi pada usia berapa
sebutkan tahap tahap masa pubertas

Mungkin hanya ini yang bisa kami bagikan pada postingan kali ini, semoga dapat menambah pemahaman adik adik mengenai ciri ciri pubertas pada laki laki dan perempuan. Terima kasih.
perubahan utama perempuan pada masa pubertas ditandai dengan

Gambar Gravatar
Saya hanya seorang pengajar SD, yang mencoba berbagi ilmu yang aku miliki. Semoga apa yang aku bagikan bermanfaat bagi kita semua. Bagi sahabat yang punya saran atau kritik bisa menghubungi kami pada avindacynthiasari@gmail.com. Saya juga admin di blog sekedar info ( blog kesehatan, budidaya, percintaan, kecantikan, dan fashion )