ciri ciri makhluk hidup kelas 3 sd

Ciri-Ciri Makhluk Hidup Kelas 3 SD Lengkap Dengan Contoh Soalnya

Diposting pada

Secara garis besar, benda yang ada di sekitar kita dibedakan 2 macam, yaitu makhluk hidup dan benda mati. Lantas apa perbedaan antara makhluk hidup dengan benda mati? Untuk menjawab pertanyaan tersebut kita membutuhkan ciri ciri dari makhluk hidup. Nah pada postingan kali ini kami akan membahas materi tentang ciri ciri makhluk hidup kelas 3 sd.

Materi ciri ciri makhluk hidup ini diajarkan pada kelas 3 sd. Baik pada kurikulum KTSP maupun kurikulum 2013. Apa saja yang termasuk makhluk hidup di sekitar kita? Makhluk hidup terdiri dari tumbuhan, hewan dan manusia. lalu apa saja ciri ciri yang membedakan antara makhluk hidup dengan benda mati?

Ciri Ciri Makhluk Hidup

Jika dibandingkan antara ayam dan batu, tentu saja ada perbedaan. Ayam termasuk benda hidup atau makhluk hidup. Sedangkan batu termasuk benda mati atau bukan makhluk hidup. Ayam membutuhkan makanan, dapat bergerak, dapat tumbuh besar dan juga berkembangbiak. Sedangkan batu tidak dapat mengalami hal itu semua. Lantas apa saja ciri ciri makhluk hidup itu? Ciri-ciri makhluk hidup antara lain:

a. dapat bergerak

b. mengalami pertumbuhan

c. memerlukan makanan

d. bernapas

e. berkembangbiak

f. peka terhadap rangsangan

g. mengeluarkan zat sisa.

Nah, itulah beberapa ciri ciri makhluk hidup yang membedakan dengan benda mati. Mari kita bahas bersama sama ciri ciri makhluk hidup tersebut.

A. Makhluk hidup dapat bergerak

Salah satu ciri ciri dari makhluk hidup adalah dapat bergerak. Bergerak adalah berpindah tempat baik sebagian atau seluruh bagian tubuh. Makhluk hidup dapat bergerak dengan berbagai cara. Dan berikut ini penggolongan hewan berdasarkan cara bergeraknya;

a. berenang, biasanya menggunakan sirip dan ekor, antara lain: ikan mujair, lele, nila, dan jenis ikan lainnya.

b. terbang, menggunakan sayap, contohnya: kelelawar, burung, kupu kupu, capung dan juga lebah.

c. berjalan dan berlari, menggunakan kakinya, sebagai contoh: kucing, sapi, kambing, kuda dan kerbau.

d. melompat, menggunakan kaki, antara lain: kanguru, katak, belalang dan jangkrik.

e. merayap atau melata, menggunakan perutnya, antara lain; cacing, ular dan belut

Untuk manusia bergerak dengan cara berjalan atau berlari. Bagaimana dengan tumbuhan? Apakah tumbuhan juga dapat bergerak? Tumbuhan juga dapat bergerak meskipun tak seaktif hewan dan manusia. Contoh gerakan pada tumbuhan, antara lain:

a. bunga matahari bergerak menghadap ke arah sinar matahari

b. bunga kuncup bisa mekar

c. akar memanjang

B. Makhluk hidup mengalami pertumbuhan

Makhluk hidup dikatakan mengalami pertumbuhan, ketika bertambah tinggi dan bertambah besar. Sebagai contoh manusia dari bayi berubah menjadi balita. Tumbuh berkembang menjadi anak anak. Setelah itu menjadi remaja dan akhirnya menjadi dewasa.

Baca juga : materi pertumbuhan hewan kelas 3 sd

Pertumbuhan pada hewan juga hampir sama dengan manusia. Contohnya pertumbuhan pada kucing. Berawal dari anak kucing tumbuh menjadi kucing muda, setelah itu tumbuh menjadi kucing dewasa.

Baca JugaSoal Tematik Kelas 3 Tema 1 Subtema 1 Semester 1 Revisi Terbaru

Sedangkan pertumbuhan pada tumbuhan, sebagai contoh biji kacang hijau ditanam di tanah. Beberapa hari kemudian tumbuh menjadi kecambah. Setelah itu menjadi tumbuhan muda. Dan akhirnya menjadi tanaman kacang hijau yang siap untuk dipanen.

C. Materi Ciri Ciri Makhluk Hidup Untuk SD dapat Bernapas

Salah satu ciri ciri yang membedakan antara makhluk hidup dengan benda mati yakni bernapas. Bernapas adalah menghirup oksigen dan mengeluarkan karbondioksiada. Fungsi bernapas bagi makhluk hidup adalah untuk menyediakan oksigen untuk diedarkan keseluruh bagian tubuh dan untuk membantu proses pembakaran makanan untuk mendapatkan energi. Setiap makhluk hidup memiliki cara bernapas yang berbeda beda. Berikut ini penggolongan hewan berdasarkan cara bernapasnya:

a. bernapas dengan insang, sebagai contohnya: ikan, berudu.

b. hewan bernapas dengan paru paru, contohnya golongan mamalia (sapi, kelinci, tikus, kambing, ikan paus, lumba lumba, kelelawar), reptil (buaya, kadal, cicak, tokek, biawak).

c. bernapas dengan paru paru dibantu pundi pundi udara, contohnya burung. Pundi pundi udara berguna membantu pernapasan pada burung ketika terbang di udara.

d. hewan bernapas dengan paru paru dan kulit, contohnya katak.

e. bernapas dengan trakea, dilakukan oleh serangga (kupu kupu, semut, jangkrik, belalang, lipas).

f. bernapas dengan kulit yang basah, contohnya adalah cacing tanah.

D. Memerlukan makanan

Setiap hari makhluk hidup baik manusia, hewan dan tumbuhan memerlukan makanan untuk hidup. Dengan makanan makhluk hidup bisa bertahan hidup, memiliki tenaga dan dapat tumbuh dan berkembang menjadi lebih besar.

Manusia bisa makan hewan dan tumbuhan. Sedangkan hewan makan tumbuhan dan hewan yang lainnya. Dan tumbuhan juga memerlukan makanan, namun tumbuhan bisa membuat makanannya sendiri dengan cara fotosintesis. Tumbuhan melakukan fotosintesis di bagian daun. Bahan untuk melakukan proses fotosintesis yaitu air, karbondioksida. Dengan bantuan sinar matahari dan klorofil di daun, bahan bahan tersebut diubah menjadi oksigen dan karbohidrat atau glukosa dan diedarkan ke seluruh tubuh melalui pembuluh floem.

Berdasarkan jenis makanannya hewan digolongkan menjadi beberapa macam, antara lain;

a. herbivora, yaitu hewan pemakan tumbuhan saja ( seperti: rumput, buah, dedaunan dan biji bijian). Contoh hewan yang tergolong herbivora adalah kambing, kuda, kelinci, burung pipit, merpati, belalang dan ulat.

b. karnivora, yaitu hewan pemakan hewan lainnya. Contoh hewan yang termasuk karnivora adalah serigala, elang, harimau, kucing, anjing dan buaya.

c. omnivora, yaitu hewan pemakan segalanya, baik dari tumbuhan maupun hewan. Contoh hewan yang tergolong omnivora adalah burung kutilang, ayam, itik, musang, monyet dan tikus.

E. Berkembangbiak

Untuk mempertahankan jenisnya makhluk hidup harus berkembangbiak. Banyak cara yang dilakukan oleh makhluk hidup untuk berkembangbiak. Baik secara alami maupun buatan.

Pada manusia berkembangbiak secara melahirkan. Dengan diawali pembuhan yang dilakukan oleh sel sperma kepada sel trlur. Sel telur yang telah dibuahi akan berubah menjadi zigot. Dan zigot ini akan tumbuh berkembang di dalam rahim menjadi sebuah janin. Dan setelah kurang lebih 9 bulan 10 hari janin lahir menjadi bayi.

Perkembangbiakan pada hewan ada 2 cara yaitu secara generatif (kawin) dan vegetatif (tidak kawin)

a. Secara generatif meliputi;

1. beranak atau vivipar contohnya: kambing, kelinci, tikus, kelelawar, ikan paus, lumba lumba.

2. bertelur atau ovipar contohnya: ayam, itik, cicak, buaya, penyu, kura kura dan ikan serta katak.

3. bertelur dan beranak atau ovovivipar, contohnya: ular boa, ular piton, kadal, ikan pari, ikan hiu macan.

b. Secara vegetatif, meliputi;

1. tunas, contohnya hidra, ubur ubur dan hewan karang.

2. fragmentasi, contohnya : bintang laut cacing planaria dan cacing pita.

Sedangkan perkembangbiakan pada tumbuhan juga ada 2 cara, yakni generatif dan vegetatif. Perkembangbiakan secara generatif pada tumbuhan terjadi pada tumbuhan biji. Biasanya dimulai dari proses penyerbukan. Penyerbukan dibedakan menjadi empat; penyerbukan sendiri, penyerbukan tetangga, penyerbukan silang dan penyerbukan bastar. Kapan kapan akan kami bahas dengan detail

Sedangkan perkembangbiakan vegetatif pada tumbuhan dibedakan menjadi 2 pula, yaitu: vegetatif alami dan buatan.

a. Perkembangbiakan vegetatif alami pada tumbuhan, meliputi:

1. Spora, dilakukan oleh lumut dan tumbuhan paku.

2. akar tinggal atau rizoma, contohnya: jahe, kunyit, alang alang, temulawak, lengkuas.

3. umbi lapis, contohnya: bawang merah, bawang putih, bawang bombai, tulip dan bakung.

4. dengan umbi akar, contohnya: bunga dahlia, wortel.

5. umbi batang, contohnya: kentang, ketela rambat.

6. stolon atau geragih, contohnya: arbei, pegagan, rumput teki, semanggi, dan stroberi.

7. tunas adventif, contohnya: cocor bebek, sukun.

F. Ciri-Ciri makhluk hidup kelas 3 sd Peka Terhadap Rangsangan

Ciri makhluk hidup selanjutnya adalah peka terhadap rangsangan atau iritabilita. Rangsangan ini bisa berupa panas, dingin, sentuhan, rasa dan bau. Agar makhluk hidup bisa bertahan hidup maka harus peka terhadap rangsangan yang datang terhadapnya. Contoh manusia ketika menginjak bara api maka akan segera mengindar. Begitu juga hewan ketika dipukul maka akan segera lari. Pada tumbuhan putri malu ketika disentuh maka akan mengatupkan daunnya.

Untuk contoh soal ciri-ciri makhluk hidup kelas 3 sd bisa dilihat pada postingan selanjutnya. Mungkin hanya sampai di sini pembahasan kita pada kesempatan kali ini. Terima kasih telah berkenan membaca postingan kami tentang ciri-ciri makhluk hidup kelas 3 sd.

Gambar Gravatar
Saya hanya seorang pengajar SD, yang mencoba berbagi ilmu yang aku miliki. Semoga apa yang aku bagikan bermanfaat bagi kita semua. Bagi sahabat yang punya saran atau kritik bisa menghubungi kami pada avindacynthiasari@gmail.com. Saya juga admin di blog sekedar info ( blog kesehatan, budidaya, percintaan, kecantikan, dan fashion )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *