rangkuman materi tema 6 kelas 4

Rangkuman Materi Tema 6 Kelas 4 Cita Citaku dan Contoh Soal

Posted on

Muatan IPA materi kelas 4 sd tema 6

Siklus hidup atau daur hidup hewan adalah perubahan bentuk tubuh hewan yang mengalami perubahan pada setiap tahap pertumbuhan. Dalam siklus hidup atau daur hidup ada yang mengalami metamorfosis dan ada yang tidak mengalami metamorfosis. Metamorfosis adalah daur hidup hewan yang mengalami perubahan bentuk.

Contoh hewan yang tidak mengalami metamorfosis antara lain: sapi, kucing, kelinci, tikus dan juga ayam.

Secara umum metamorfosis dibedakan menjadi 2, yakni metamorfosis sempurna dan metamorfosis tidak sempurna. Metamorfosis sempurna adalah daur hidup pada hewan yang mengalami tahap pupa atau kepompong. Contoh hewan yang mengalami metamorfosis sempurna, antara lain: lalat, katak, nyamuk dan kupu-kupu.

Berikut ini bentuk daur hidup metamorfosis sempurna, antara lain:

a. lalat : telur –> larva/belatung –> kepompong –> lalat.

b. nyamuk : telur –> jentik-jentik/tempayak –> pupa –> nyamuk.

c. kupu – kupu : telur –> ulat –> kepompong –> kupu – kupu.

d. katak : telur –> berudu –> berudu berkaki –> katak

Metamorfosis tak sempurna adalah metamorfosis yang tidak mengalami tahap pupa atau kepompong. Contoh hewan yang mengalami metamorfosis tidak sempurna, antara lain: lipas/kecoa, capung, jangkrik, dan belalang. Secara umum urutan daur hidup tidak sempurna, yaitu:

telur —> nimfa —> imago (hewan dewasa).

Sumber daya alam adalah segala sesuatu yang tersedia di alam dan dapat digunakann manusia untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.

Sumber daya alam berdasarkan asalnya dibedakan menjadi 2 yaitu:

a. sumber daya alam hayati, adalah sumber daya alam yang berasal dari makhluk hidup. Contoh sumber daya hayati antara lain: ikan, susu, telur, daging, sayur, buah, dan kayu.

b. sumber daya alam non hayati, adalah sumber daya alam yang bukan berasal dari makhluk hidup. Contohnya: bahan tambang, pasir, udara, sinar matahari dan minyak bumi.

Berdasarkan keterbaruannya sumber daya alam dibedakan menjadi 2, yaitu:

2). Sumber daya alam dapat diperbarui.

Adalah sumber daya alam yang tidak akan habis meskipun digunakan secara terus menerus. Yang termasuk sumber daya alam dapat diperbaharui antara lain:

  • tumbuhan,
  • hewan,
  • air, dan
  • hasil hutan.

2) Sumber daya alam tidak dapat diperbaharui.

Adalah sumber daya alam yang akan habis jika digunakan secara terus menerus. Yang termasuk sumber daya alam tidak dapat diperbaharui, antara lain:

  • besi,
  • tembaga,
  • nikel,
  • batu bara,
  • minyak tanah
  • dan solar.
Gravatar Image
Aku hanyalah seorang pengajar SD, yang mencoba berbagi ilmu yang aku miliki. Semoga apa yang aku bagikan bermanfaat bagi kita semua. Bagi sahabat yang punya saran atau kritik bisa menghubungi kami pada kontak Whatsapp dengan nomor 0882  3212 3181 (Maaf jika low respon).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *