fungsi properti tari

Pengertian, Fungsi Properti Tari dan Contohnya

Posted on

Properti tari adalah segala perlengkapan yang digunakan dalam pemetasan tari. Setiap tarian, salah satunya tarian daerah membutuhkan perlengkapan tari yang harus dikenakan saat pementasan tari. Properti tari antara tarian daerah yang satu dengan yang lain tentu saja berbeda. Hal tersebut dipengaruhi oleh tema dan jenis tarian yang dipentaskannya. Dan untuk pembahasan selanjutnya yakni fungsi properti tari.

Fungsi Properti Tari

Segala perlengkapan yang dikenakan saat menari tentu saja mempunyai kegunaan. Tak terkecuali properti tari pada tarian daerah. Dan berikut ini fungsi properti tari adalah:

a. sebagai pelengkap dari busana tari.

b. membantu menghidupkan karakter atau watak tokoh yang dibawakan dalam tarian tersebut.

c. menambah nilai estetika atau keindahan dalam tarian tersebut.

Jadi properti tari memiliki kegunaan dan peran yang sangat penting pagi pementasan tari.

Contoh Properti Tari Daerah

Sudah kami sebutkan di atas, bahwa setiap tarian daerah membutuhkan properti tari yang berbeda beda. Berangkat dari fungsi properti di atas, maka kita harus memperhatikan hal ini sebelum mengadakan pemetasan tari tersebut. Dan berikut ini contoh properti tari dari masing masing tarian daerah.

a. Tari Merak

Tari merak merupakan salah satu tari yang berasal dari daerah Jawa Barat. Tari Merak menggambarkan tentang kehidupan burung merak di alam bebas. Dan berikut ini properti tari merak antara lain: Mahkota, sesuping, garuda mungkur, selendang atau sampur. Selain properti di atas, tari merak juga memiliki properti tari yang lainnya, di antaranya: penutup dada, sayap, kilat bahu, baju atasan, rok dan juga gelang.

b. Tari Caping Ngancak

Tari caping ngancak merupakan tari kreasi baru yang berasal dari daerah Lamongan, Jawa Timur. Tari Caping Ngancak menggambarkan kehidupan para petani dalam menanam, merawat dan memanen padi. Properti tari yang digunakan pada tari caping ngancak ini antara lain: caping dan baju adat, ikat kepala dan sabuk di pinggang.

c. Tari Piring

Tari piring berasal dari Minangkabau, Sumatra Barat. Tari piring menggambarkan tentang rasa syukur dan kebahagiaan ketika musim panen telah tiba. Beberapa properti tari piring antara lain: selendang, amngkok atau piring, busana atau pakai adat minang serta ikat pinggang.

d. Tari Payung

Tari payung juga berasal dari daerah Minangkabau, Sumatra Barat. Tari payung menggambarkan tentang menggambarkan kasih sayang antara pemuda dan pemudi. Properti dari tari payung antara lain: payung, selendang, baju adat, selendang dan ikat pinggang.

e. Tari topeng

Salah satu jenis tari topeng yakni tari topeng Betawi. Tari topeng betawi umumnya dipentaskan saat acara pernikahan maupun khitanan. Properti tari topeng antara lain: topeng, kain panjang dan kebaya juga selendang.

Baca Juga : Soal Tema 5 Kelas 5 Kurikulum 2013.

 

Nah, itulah sedikit pembahasan tentang fungsi properti tari. Semoga pembahasan kali ini ada manfaatnya.

Gravatar Image
Aku hanyalah seorang pengajar SD, yang mencoba berbagi ilmu yang aku miliki. Semoga apa yang aku bagikan bermanfaat bagi kita semua. Bagi sahabat yang punya saran atau kritik bisa menghubungi kami pada kontak Whatsapp dengan nomor 0888  6759 554 (Maaf jika low respon).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *