pengelompokan hewan berdasarkan
IPA Rangkuman Materi

Terlengkap ! Materi Pengelompokan Hewan Dan Contoh Soal

Pengelompokan hewan. Assalamu ‘alaikum wr wb. Sahabat pena pengajar yang kami hormati. Seperti yang kami tuliskan pada judul postingan ini. Bahwa sudah jelas bahwa postingan kali ini akan membahas tentang rangkuman materi tentang pengelompokan hewan dan contoh soal latihannya.

Materi pengelompokan atau penggolongan hewan ini sering dipelajari pada bangku sekolah dasar. Mulai dari kelas 4 sd sampai kelas 6. Baik pada kurikulum KTSP dan juga kurikulum 2013. Pada kurikulum 2013 bisa kita jumpai pada tema 5 kelas 5 semester 1. Dan bagaimana penjelasan materi ini selengkapnya? Yuk, kita pelajari bersama sama.

Dasar Pengelompokan Hewan

Ada banyak hal yang mendasari tentang pengelompokan hewan ini. Ada yang berdasarkan jenis makanan, tempat hidupnya, penutup tubuhnya, cara bergeraknya hingga cara berkembangbiaknya. Untuk lebih jelasnya simak penjelasan di bawah ini.

A. Penggelompokan hewan berdasarkan jenis makanannya

Salah satu ciri ciri makhluk hidup adalah memerlukan makanan. Dalam hal makanan ini hewan memiliki perbedaan jenis makanannya. Ada yang suka makan rerumputan, daging atau bahkan rerumputan dan juga daging. Dan berikut ini contoh pengelompokan hewan berdasarkan makanannnya:

1. Hewan pemakan tumbuhan atau herbivora

Herbivora adalah sebutan bagi kelompok hewan yang makanannya hanya berupa tumbuhan saja. Bagian tumbuhan yang biasanya dimakan oleh hewan, antara lain: rumput, daun daunan, biji, dan buah. Hewan jenis herbivora ini biasanya memiliki gigi geraham yang permukaannya lebar dan bergerigi. Gigi geraham pada herbivora ini berguna untuk menghaluskan makanan berupa daun atau rumput yang keras. Namun ada juga hewan herbivora yang tidak memiliki gigi geraham. Namun peran gigi geraham ini digantikan oleh tembolok.

Contoh hewan herbivora antara lain: kambing, kuda, gajah dan sapi (pemakan dedaunan atau rumput). Contoh hewan herbivora pemakan biji bijian antara lain: kenari, burung pipit, merpati dan juga tupai. Sedangkan herbivora pemakan buah antara lain: ulat buah, dan beo.

2. Hewan pemakan daging atau karnivora

Karnivora adalah sebutan pada kelompok hewan yang makanannya hewan lain. Ada banyak contoh hewan karnivora yang ada di sekitar kita. Ada yang termasuk golongan hewan berkaki empat dan ada juga yang termasuk kelompok burung. Karnivora berkaki empat umunya memiliki gigi geraham yang berguna untuk mengerat, mengunyah dan menghancurkan makanan, berupa daging. Selain itu hewan jenis karnivora mempunyai gigi seri yang kecil kecil namun sangat tajam. Yang paling mencolok dari hewan karnivora adalah mempunyai gigi taring yang panjang, besar dan juga runcing. Gigi taring karnivora berguna untuk mengoyak mangsanya. Contoh hewan karnivora jenis ini antara lain: ajing, buaya, harimau, serigala dan singa.

Pada hewan karnivora jenis burung, contohnya burung elang mempunyai paruh dan kuku yang kuat dan tajam. Paruh burung ini berguna untuk mencabik cabik mangsanya. Sedangkan kukunya berguna untuk menangkap mangsanya.

 3. Hewan pemakan segala atau omnivora

Omnivora merupakan sebutan untuk kelompok hewan yang pemakan daging maupun tumbuhan. Contoh hewan omnivora antara lain: musang, ayam, itik, tikus dan beruang. Hewan omnivora umumnya memiliki gabungan gigi geraham, seri dan taring yang tajam. Untuk fungsinya sama halnya pada hewan herbivora maupun hewan karnivora. Untuk hewan omnivora jenis burung, seperti kutilang dan jalak mempunyai bentuk paruh yang panjang, kecil dan runcing yang berguna untuk mengambil makanannya.

B. Berdasarkan tempat hidup atau habibat

Pengelompokan hewan berdasarkan tempat hidupnya, hewan bisa dikelompokan menjadi 3 macam, yaitu: hewan darat, hewan air, dan amfibi (hidup di darat dan di air). Berikut ini penggolongan dan pengelompokan hewan berdasarkan habibat atau tempat hidupnya adalah sebagai berikut;

1.  Hewan yang hidup di darat.

Seperti : kambing, kucing, sapi, dan kerbau, ayam, merpatidan musang.

2. Hewan yang hidup di air

Hewan yang hidup di air atau habitat air terbagi menjadi 3 jenis, antara lain:

a) Hewan air tawar (hewan yang hidup di air tawar). Berikut ini contohnya, gurami, lele, nila, wader, patin, arwana, koi, mujair, dan sepat.

b) Hewan air laut (hewan yang hidup di air laut). Berikut ini contohnya, ikan teri, tongkol, ikan pari, lumba-lumba, paus, dan hiu.

c) Hewan air payau (hewan yang hidup di campuran air laut dan air tawar).  Berikut contohnya, ikan bandeng dan
udang windu serta lobster.

3. Hewan yang hidup di darat maupun di air

Untuk hewan yang bisa hidup di darat maupun di air bisa disebut hewan amfibi. Contoh hewan yang termasuk amfibi antara lain: katak dan salamander.

B. Berdasarkan tulang belakang

Penggolongan atau pengelompokan pada hewan berdasarkan tulang belakang dibedakan menjadi 2, antara lain:

a. Vertebrata

Hewan vertebrata adalah kelompok hewan yang memiliki tulang belakang. Adapun jenis hewan yang termasuk vertebrata antara lain:

  • Mamalia, hewan menyusui antara lain : sapi, kamping, kelinci, kerbau, kuda dan ikan lumba lumba.
  • Aves, kelompok burung antara lain: itik, ayam, puyuh, burung merpati, kutilang, angsa, burung unta.
  • Amfibi, antara lain: katak dan salamander.
  • Pisces, kelompok ikan, contohnya : ikan nila, bawal, tongkol, lele dan mujair.
  • Reptil, hewan melata contoh : kadal, cicak, tokek, ular, bunglon, dan biawak.

b. Avertebrata atau invertebrata

Hewan avertebrata adalah hewan yang tidak memiliki tulang belakang. Contohnya bangsa serangga, moluska, protozo, antropoda dan lain lain.

C. Penggolongan Hewan berdasarkan Cara berkembangbiak

Berdasarkan cara berkembangbiaknya hewan dibedakan menjadi beberapa macam, antara lain:

a. ovipar (bertelur) contohnya : ayam, itik, burung, ikan, katak, angsa, dan juga cicak.

b. vivipar (beranak) contohnya : sapi, kelinci, kuda, kucing, harimau, lumba lumba, ikan paus.

c. ovovivipar (bertelur dan beranak) contohnya : kadal, ular boa, ikan pari dan beberapa jenis hiu.

d. fragmentasi, contohnya: cacing pipih atau planaria, bintang laut.

e. tunas, contohnya : hydra.

D. Pengelompokan hewan berdasarkan penutup tubuh

Berdasarkan penutup tubuhnya hewan dibedakan menjadi beberapa macam, antara lain:

a. hewan berambut, contohnya : kucing, kambing, monyet, dan orang utan.

b. hewan bersisik, contohnya ikan wader, mujair, kakap, bawal, ular, kadal

c. berbulu, contohnya : ayam, bebek, angsa, burung merpati, jalak, elang dan burung kakaktua.

Nah, itulah sedikit materi tentang pengelompokan hewan. Untuk contoh soal bisa sahabat baca postingan selanjutnya atau pada postingan soal penggolongan hewan di sini. Sedangkan untuk men download materi ini bisa melalui tautan di bawah ini.

Unduh materi pengelompokan dan penggolongan hewan.

Sekian pembahasan kita tentang pengelompokan hewan dan semoga bermanfaat.

Mengharap_BerkahNya
Aku hanyalah seorang pengajar SD, yang mencoba berbagi ilmu yang aku miliki. Semoga apa yang aku bagikan bermanfaat bagi kita semua.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *