sifat bayangan pada cermin datar cembung dan cekung

Sifat Bayangan Cermin Datar, Cembung dan Cekung Dan Penjelasannya

Posted on

Sifat bayangan cermin datar. Kemarin kita telah membahas tentang sifat cahaya kelas 5 sd. Dan pada kesempatan kali ini kami akan mengajak anda untuk belajar bersama tentang sifat bayangan pada cermin datar, cembung dan cekung. Cermin merupakan benda yang bisa memantulkan cahaya yang paling sempurna. Hal ini disebabkan permukaan cermin yang sangat halus dan mengkilap.

Macam macam cermin

Secara umum cermin dibedakan menjadi 3 macam, yaitu: cermin datar, cermin cembung dan cermin cekung. Mari kita bahas lebih jauh lagi tentang macam macam cermin dan sifatnya.

Sifat Bayangan pada Cermin datar

Cermin datar merupalam cermin yang memiliki permukaan mengkilap berbentuk datar. Cermin datar ini biasanya dipakai untuk berhias atau bercermin sewaktu berdandan. Sifat bayangan cermin datar antara lain:

a. bayangan yang dibentuk bersifat maya.

b. sama besar dengan benda aslinya.

c. tegak

d. terbalik posisi kanan dan kirinya.

e. jarak bayangan ke cermin sama dengan jarak benda ke cermin.

Baca juga: sifat bayangan lensa cembung.

Cermin cembung

Cermin cembung adalah cermin yang memiliki permukaan mengkilap yang berbentuk melengkung ke luar atau konveks. Cermin cembung mempunyai sifat menyebarkan cahaya atau sering disebut divergen. Contoh cermin cembung antara lain cermin pada kaca spion mobil maupun sepeda motor dan bagian belakang sendok logam. Sifat bayangan cermin cembung adalah maya, tegak dan diperkecil.

Cermin cekung

Cermin cekung adalah cermin yang memiliki permukaan mengkilap yang berbentuk melengkung ke dalam atau konkaf. Cermin cekung memiliki sifat mengumpulkan cahaya yang mengenainya. Dan sifat bayangan cermin cekung tergantung pada jarak benda terhadap cermin. Berikut ini penjelasan detailnya:

a. Dekat dari cermin cekung

Apabila benda dekat dengan cermin cekung maka bayangan yang dihasilakn memiliki sifat : maya, tegak dan diperbesar.

b. Jauh dari cermin cekung

Apabila benda jaraknya jauh dari cermin cekung maka bayangan yang dihasilkan memiliki sifat : nyata dan terbalik.

Lantas apa yang dimaksud dengan bayangan maya dan bayangan nyata? Bayangan maya adalah bayangan yang tidak dapat ditangkap oleh layar atau kertas. Biasanya bayangan tersebut berada di dalam atau belakang cermin. Sedangkan bayangan nyata adalah bayangan yang dapat ditangkap oleh layar atau kertas. Biasanya bayangan terbentuk di depan cermin.

Baca juga: sifat cermin cekung , maya tegak dan diperbesar merupakan sifat bayangan, sinar istimewa dan sifat bayangan cermin cembung, dan jarak dan sifat bayangan.

Mungkin hanya ini yang bisa kami bagikan pada kesempatan ini. Terima kasih telah berkenan membaca postingan kami tentang sifat bayangan cermin datar.

Gravatar Image
Aku hanyalah seorang pengajar SD, yang mencoba berbagi ilmu yang aku miliki. Semoga apa yang aku bagikan bermanfaat bagi kita semua.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *