ciri ciri komik, fungsi komik, jenis komik dan langkah langkah membuat komik

Ciri Ciri Komik, Jenis Komik Dan Cara Membuat Komik Yang Baik

Posted on

Ciri ciri komik. Assalamu ‘alaikum wr wb. Di tema 1 kelas 5 kurikulum 2013 kita menjumpai pokok bahasan mengenai komik. Dan pada kesempatan kali ini kami akan mengajak sahabat pena pengajar untuk mengupas materi tentang pengertian komik, ciri ciri komik, jenis komik, dan cara membuat komik yang baik.

Pengertian komik

Komik merupakan salah satu ragam dari gambar ilustrasi. Gambar ilustrasi sendiri adalah gambar yang bertujuan untuk memperkuat, memperjelas dan memperindah sebuah cerita atau pun narasi. Sedangkan pengertian komik adalah suatu cerita bergambar yang bersifat lucu dan mudah untuk dimengerti. Biasanya komik terdapat pada surat kabar, majalah atau sudah dalam bentuk buku. Biasanya komik dicetak dalam sebuah kertas dan dilengkapi dengan teks. Tujuan pemberian teks di komik ini untuk melengkapi dan memperjelas gambar dalam cerita komik.

Fungsi Komik

Ada beberapa fungsi dari komik, antara lain:

a. sarana mengungkapkan ekspresi atau pun pesan dari penulis kepada pembaca.

b. menghibur para pembacanya.

c. sebagai sarana memberikan informasi sekaligus edukasi.

Jadi selain komik sebagai sarana menghibur, ternyata komik bisa dijadikan pembuat komik sebagai sarana mengungkapkan ekspresi dan memberikan informasi sekaligus sarana edukasi bagi pembacanya.

Jenis Jenis Komik

Ada banyak jenis jenis komik yang beredar di tengah masyarakat. Dan berikut ini beberapa jenis komik yang wajib kita ketahui, antara lain:

a. Kartun

Kartun adalah salah satu jenis komik yang berisi satu tampilan saja. Namun di dalam tampilan tersebut terdapat beberapa gambar tokoh yang digabungkan dengan tulisan untuk memperjelasnya. Tujuan dari komik jenis ini adalah sebagai sarana kritikan, sindiran maupun hiburan semata.

b. Komik buku

komik buku adalah kumpulan cerita bergambar yang telah dicetak menjadi sebuah buku. Jenis komik inilah yang sering dibaca oleh pembacanya.

Baca juga; ciri ciri poster dan jenis poster

Ciri Ciri Komik

Komik yang baik memiliki ciri ciri sebagai berikut:

a. bersifat proposional

artinya sebuah komik yang baik harus bisa membawa pembacanya terlibat secara emosional dengan para pelaku di dalam komik tersebut.

b. bersifat humor

Bahasa komik harusnya dengan bahasa lisan yang mudah dimengerti oleh para pembacanya.

c. berupa bahasa percakapan

Bahasa di dalam komik seharusnya menggunakan bahasa percakapan sehari hari sehingga lebih mudah dicerna oleh para pembaca komik tersebut.

d. bersifat kepahlawanan

Bukan hanya bersifat menghibur saja, ternyata isi dari komik tersebut bisa membuat pembaca akan mengagumi tokoh di dalam komik tersebut.

e. menyederhanakan perilaku

Komik yang baik harusnya memiliki pola perilaku yang sederhana di dalam cerita komik tersebut.

Apabila disederhanakan ciri ciri bahasa komik antara lain:

1. bersifat humor yang ringan.

2. menggunakan bahasa percakapan sehari hari sehingga mudah dimengerti.

3. susunan katanya proposional, sehingga mudah membawa pembaca hanyut dalam cerita.

4. kalimat yang digunakan pelaku dalam cerita cukup sederhana.

Langkah Langkah Menggambar Komik

Aadapun langkah langkah membuat atau menggambar komik sebagai berikut:

a. mempersiapkan alat dan bahan yang akan digunakan. Adapaun alat dan bahannya seperti; kertas hvs, pensil, penghapus , krayon ataupun spidol.

b. membuat rangkaian cerita atau skenario. Skenario ini berupa teks yang akan menjelaskan ide dasar, karakter tokoh, alur cerita, konflik, hingga setting cerita dalam komik tersebut.

c. membuat sketsa. Buatlah sketsa di atas kertas gambar atau hvs yang telah disiapkan tadi menggunakan pensil.

d. menebalkan gambar sketsa. Tebalkan gambar sketsa menggunakan spidol.

e. mewarnai gambar komik, dalam pewarnaan ini bisa menggunakan teknik basah dan teknik kering tergantung selera kita masing masing.

Mungkin hanya ini yang bisa kami bagikan pada kesempatan kali ini. Terima kasih telah berkenan membaca postingan kami tentang ciri ciri komik.

Gravatar Image
Aku hanyalah seorang pengajar SD, yang mencoba berbagi ilmu yang aku miliki. Semoga apa yang aku bagikan bermanfaat bagi kita semua.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *