jurnal harian kelas 5 semester 1 dan 2 kurikulum 2013 revisi 2018

Jurnal Harian Kelas 5 Semester 1 dan 2 Kurikulum 2013 Lengkap

Posted on

Jurnal harian kelas 5. Salah satu administrasi yang harus dibuat oleh para guru adalah jurnal harian. Jurnal harian adalah administrasi kelas tentang pelaksanaan pembelajaran setiap hari. Tentu saja dalam administasi ini mencakup tentang tema, subtema dan juga muatan pelajaran saat itu. Namanya jurnal harian berarti dibuat setiap hari ya? Tepat ! Jurnal harian memang wajib dibuat setiap hari atau setiap pembelajaran berlangsung. Mungkin sebagian sahabat pengajar akan terbebani, terlebih bagi mereka yang belum begitu mahir akan IT. Nah untuk mengatasi permasalahan tersebut kami akan membagikan Jurnal harian kelas 5 semester 1 dan 2 kurikulum 2013 revisi 2018.

Di sini kami bukan menggurui, hanya sekedar membantu sahabat pengajar mempersipkan dan melengkapi administasi pembelajaran. Sehingga pengajar merasa lebih siap dalam mengajar dan tentunya peserta didik lebih maksimal mendapatkan ilmu dari proses pembelajaran yang dirancang oleh sahabat pengajar. Sebenarnya sahabat pengajar bisa membuat jurnal harian ini, hanya saja terkadang membutuhkan waktu yang cukup lama. Terlebih bagi mereka yang belum mahir mengoperasikan komputer dan laptop. Untuk itu kami akan menshare contoh jurnal kelas atau harian untuk kelas 5 ini, khususnya untuk semester 1 dan 2.

Baca juga : Buku Matematika Kelas V Kurikulum 2013 Revisi Terbaru

Jurnal Harian Kelas 5 Kurikulum 2013

Sebelum kami membagikan file jurnal harian kelas v semester 1 dan 2 kurikulum 2013 ini. Tak ada salahnya sahabat pengajar mengetahui apa saja komponen yang ada di dalam jurnal kelas atau sering dikenal jurnal harian. Sebagai referensi saja bahwa di dalam jurnal harian tentu harus mencakup, di antaranya:

1. Identititas; di sini berisikan tentang judul jurnal, kelas, semester, dan tahun pelajaran.

2. hari/tanggal; berisikan tanggal pelaksanaan pembelajaran tersebut.

3. mata pelajaran ; bisa ditulis tematik atau pun mapel yang diajarkan; seperti: matematika, PJOK, Bahasa Jawa, Bahasa Inggris serta mapel yang lainnya.

4. Tema dan Subtema; untuk tema di sini tentu yang kita sebutkan Tema dan subtema yang ada di kelas 5 semester 1 ini.

5. Pembelajaran ke; berisikan tentang urutan pembelajaran sesuai dengan buku guru.

6. kompetensi dasar; berisikan kompetensi dasar atau KD yang diajarkan pada saat itu. Ditulis KD setiap mapel ataupun mupelnya.

7. Materi pokok; berisikan materi pokok ditiap mapel atau mupel yang diajarkan

8. Kegiatan pembelajaran; berisikan tentang aktivitas apa saja yang ada saat pembelajaran tersebut. Mungkin membaca, praktik, mengamati ataupun kegiatan belajar lainnya.

9. Penilain Pelajaran; bisa diisikan dengan materi pokok yang dinilai atau dievaluasi saat pembelajaran tersebut.

10. tanda tangan guru kelas dan Kepala sekolah.

Nah, itulah beberapa komponen yang perlu ada di dalam jurnal harian. Seperti yang kami ungkapkan di awal bahwa uraian di atas hanya sekedar penjelasan, agar sahabat pengajar lebih paham tentang jurnal harian ini. Dan untuk memudahkan sahabat pengajar menyusun administrasi ini, maka kami akan share jurnal harian kelas V k13 revisi terbaru. Berikut ini file terlengkapnya.

Jurnal harian kelas 5 semester 1 kurikulum 2013 revisi 2018

Jurnal harian kelas 5 semester 2 kurikulum 2013 revisi 2018

Sampai di sini dulu pembahasan berikutnya. Nantikan pembahasan bermanfaat yang lainnya. Terima kasih telah membaca postingan kami tentang Jurnal harian kelas 5.

 

Gravatar Image
Aku hanyalah seorang pengajar SD, yang mencoba berbagi ilmu yang aku miliki. Semoga apa yang aku bagikan bermanfaat bagi kita semua. Bagi sahabat yang punya saran atau kritik bisa menghubungi kami pada kontak Whatsapp dengan nomor 0882  3212 3181 (Maaf jika low respon).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *