Soal Try Out SD 2019 Bahasa Indonesia Dan Pembahasannya – Paket 1

Posted on
Soal Try Out SD 2019. Dalam minggu-minggu ini mungkin adik-adik kelas 6 SD disibukkan dengan pelaksanaan Try Out. Meskipun sedikit sibuk, menyita waktu, pikiran dan tenaga sudah sepentasnya adik-adik menghadapi dengan sabar serta keseriusan. Tujuan pemerintah melaksanakan Try Out ini yang rencananya ada 3 hingga 4 kali ini agar adik-adik benar-benar siap dalam menghadapi USBN di tahun ini. Dengan harapan nilai Ujian Sekolah adik-adik maksimal dan baik serta bisa melanjutkan ke Sekolah Menengah Pertama sesuai yang adik cita-citakan. Kakak hanya bisa mendoakan semoga yang terbaik selalu adik dapatkan.
Dan pada kesempatan kali ini, perkenankan kakak membagikan satu paket contoh soal Try Out SD terbaru. Dan pada kesempatan kali ini kakak khususkan pada mapel Bahasa Indonesia. Paket soal ini kami pilihkan sesuai dengan kisi-kisi yang ada sehingga adik-adik tidak melenceng jauh dalam mempersiapkannya.
Tak perlu berlama-lama berikut ini Soal Try Out SD 2018 Bahasa Indonesia beserta pembahasannya
Bacaan untuk no 1 – 3. 
 
Sejarah Telepon 
        Siapa yang tidak mengenal telepon? Kini, alat komunikasi tersebut sudah semakin canggih sesuai dengan perkembangan zaman. Alat komunikasi baik telepon rumah maupun telepon seluler, tentu akan mengingatkan kita kepada sebuah nama, yaitu Alexander Graham Bell. Beliau berjasa besar menciptakan alat komunikasi yang sampai detik ini masih digunakan oleh manusia. Bell menciptakan sebuah penerima telepon dan pemancar yang modelnya berupa sebuah piringan hitam tipis yang dipasang di depan electromagnet. Pada tanggal 14 Februari 1876, Bell mematenkan hasil ciptaannya tersebut kepada dunia.
          Indonesia sendiri sudah menikmati alat komunikasi telepon lewat bantuan pemerintah Kolonia Belanda. Pada tanggal 16 Oktober 1882, jaringan telepon pertama dipakai di Indonesia. Jaringan telepon pertama di Indonesia menghubungkan Gambir dan Tanjung Priok dan berangsur-angsur mulai dibangun di Semarang dan Surabaya sampai kota-kota besar lainnya di wilayah Indonesia.
1. Kalimat utama paragraf pertama adalah . …
A.   Siapa yang tidak mengenal telepon? Kini, alat komunikasi tersebut sudah semakin canggih sesuai dengan perkembangan zaman.
B.  Alat komunikasi baik telepon rumah maupun telepon seluler, tentu akan mengingatkan kita kepada sebuah nama, yaitu Alexander Graham Bell.
C.   Beliau berjasa besar menciptakan alat komunikasi yang samapi detik ini masih digunakan oleh manusia.
D.   Bell menciptakan sebuah penerima telepon dan pemancar yang modelnya berupa sebuah piringan hitam tipis yang dipasang di depan electromagnet.
Pembahasan: kalimat utama paragraf pertama adalah Siapa yang tidak mengenal telepon? Kini, alat komunikasi tersebut sudah semakin canggih sesuai dengan perkembangan zaman.
2. Ide pokok paragraf kedua adalah ….
A. Komunikasi telepon Indonesia didatangkan dari pemerintah Belanda.
B. Komunikasi telepon Indonesia dinikmati atas bantuan Belanda.
C. Telepon di Indonesia berlaku sejak 16 Oktober 1882.
D. Telepon di Indonesia mulai dibangun di Semarang dan Surabaya.
Pembahasan: 
Ide pokok paragraf kedua adalah Komunikasi telepon Indonesia dinikmati atas bantuan Belanda.
3. Kesimpulan informasi di atas adalah ….
A.   Komunikasa telepon sudah canggih dan mengikuti perkembangan zaman
B. Telepon diciptakan oleh Alexander Graham Bell, dan Indonesia menikmati atas bantuan pemerintah Belanda
C.  Telepon di Indonesia mulai digunakan di daerah Semarang dan Surabaya
D.  Pada tanggal 14 Februari 1876, Bell mematenkan hasil ciptaannya tersebut kepada dunia
Pembahasan:
Kesimpulan dari teks di atas menceritakan Komunikasa telepon sudah canggih dan mengikuti perkembangan zaman.
Bacalah informasi berikut! 
 
Manfaat Penanaman Mangrove 
          Mangrove merupakan jenis tanaman yang memiliki sistem perakaran yang kompleks, rapat, dan lebat. Mangrove dapat memerangkap Sisa-sisa bahan organik dan endapan yang terbawa ke laut. Akar pohon mangrove dapat menjaga pinggiran pantai dari bahaya erosi. Selain itu, mangrove juga ikut memperbaiki buruknya ekosistem di wilayah pantai dan tambak. Dengan demikian, menanam mangrove di sepanjang garis pantai merupakan upaya mengatasi masalah abrasi.
 
4. Makna kata bercetak tebal pada informasi di atas adalah ….
A. Pengikisan permukaan bumi oleh air mengalir atau arus
B. Terganggunya keseimbangan alam daerah pantai
C. Pengikisan pantai oleh gelombang laut dan arus laut
D. Menipisnya lapisan permukaan tanah
Pembahasan:
Abrasi adalah Pengikisan pantai oleh gelombang laut dan arus laut.
5. Mangrove merupakan jenis tanaman yang memiliki sistem perakaran yang kompleks, rapat, dan lebat. Antonim pada kata yang bercetak tebal adalah ….
A. Dekat
B. Jarang
C. Banyak
D. Jauh
Pembahasan: 
Antonin rapat adalah jauh.
6. Narkoba mengandung zat-zat berbahaya bagi tubuh, salah satunya zat adiktif. Zat inilah yang mengganggu system saraf kita. Zat adiktif yang masuk ke tubuh menuntut otak untuk terus mengonsumsinya. Akibatnya para pengkonsumsi narkoba sakaw dan tidak bisa terlepas dari narkoba.
Jenis paragraf di atas adalah …
A.  Persuasi
B.  Eksposisi
C.  Deskripsi
D.  Argumentasi
Pembahasan:
Paragraf di atas termasuk jenis paragraf eksposisi karena berisi fakta ilmiah.
7.  Pernyataan yang tidak sesuai paragraf di atas adalah ….
A. Narkoba mengandung zat berbahaya bagi tubuh dan jaringan otak manusia
B, Zat adiktif menuntut pecandu untuk terus mengkonsumsi
C. Pecandu merasakan tenang selama mengkonsumsi narkoba
D. Sistem saraf terganggu oleh zat adiktif
Pembahasan:
Yang tidak terdapat pada paragraf di atas adalah Pecandu merasakan tenang selama mengkonsumsi narkoba.
8.       Pak Mujiyono salah seorang penggemar sekaligus peternak iguana. Hewan reptil tersebut sudah dipiaranya 20 tahunan lebih, tak mengherankan jumlahnya hingga 565 ekor. Iguana Pak Muji terdiri dengan berbagai ukuran badan dan panjangnya, karena nilai jual diperhitungkan dari panjang iguana. Rincian iguana tersebut indukan yang panjangnya hingga 1,45meter ada 22 ekor. Ukuran 1 meter ada 125 ekor, 80 centi meter ada 137 ekor, 50 centi meter ada 178 ekor, dan sisanya
berukuran 25 centi meter yang baru berumur sebulan. Kandang iguana selalu bersih dan mendapatkan sinar matahari yang cukup.
Data untuk mengisi tabel no 5 berikut ini adalah …..
Isian titik-titik tersebut adalah ….
A.  100
B.  103
C.  200
D.  203
Pembahasan:
Jumlah Iguana ada 565 ekor – 22 – 125 – 137-178 adalah 103 ekor.
9. Teks l
          Pak Robi seorang PNS yang bekerja di Kantor pemerintahan. Beliau memiliki kedisiplinan yang tinggi. Dalam menjalankan tugasnya selalu ikhlas, dan tak pernah mengeluh walaupun tugasnya sangat banyak. Hal itulah yang membuat Pak Robi tanpa merasa lelah dan bosan dalam bekerja. Beliaupun mendapat gaji yang lebih untuk mencukupi kebutuhan keluarganya.
Teks 2 
            Pak Robi juga seorang petani yang dikenal ulet dan pekerja keras di desanya. Semua tanaman yang beliau tanam dirawatnya dengan bersungguh-sungguh. Dari mengolah tanah, mengairi sawah, memupuk hingga memberantas hama. Tak heran hasilnya sangat berlimpah. Karena kerja kerasnya semua kebutuhan keluarganya tercukupi dan secara rutin bias menabung.
Perbedaan yang ada pada teks di atas adalah ….
A. Tokoh
B. Watak
C. Latar
D. Amanat
Pembahasan:
Dari segi tokoh sama-sama dengan nama Pak Robi
Dari Segi watak sama-sama seorang pekerja keras
Dari segi amanat mengajarkan kita bekerja keras agar dapat memenuhi kebutuhan hidup
Dari segi Latar Pada teks 1 bekerja sebagai PNS biasanya kerja di kantoran sedangkan Teks 2 bekerja sebagai petani biasanya di sawah.
10. Bacalah! 
           Kesehatan dan ketahanan seorang anak terhadap penyakit diperoleh dari cara hidup dan faktor keturunan. Hal-hal yang perlu dilakukan adalah memperbaiki menu makanan dan sering beolahraga dengan teratur, serta kunjungan tetap ke dokter atau puskesmas. Terakhir termasuk bagian penting untuk menjaga kesehatan anak adalah pemberian imunisasi untuk kekebalan darj berbagai penyakit.
Kalimat pertanyaan yang sesuai dengan informasi di atas adalah . …
A.   Apa yang membuat seorang anak tahan terhadap suatu penyakit?
B.   Mengapa anak harus menjaga kesehatan dan ketahanan badan?
C.   Bagaimana cara menjaga kesehatan dan ketahanan anak terhadap penyakit?
D.   Kapan anak perlu melakukan imunisasi?
Pembahasan:
Kalimat tanya yang sesuai dengan teks di atas adalah Bagaimana cara menjaga kesehatan dan ketahanan anak terhadap penyakit ?
Cerita berikut untuk nomor soal 11 – 13! 
          (1) Pak Agus merasa kasihan terhadap anak tersebut. Diambilnya beberapa lembar uang dua puluh ribuan, lalu diberikannya kepada gadis kecil itu. (2) “Pak maaf: saya tidak boleh menerima uang jika tidak bekerja,”katanya sambil menggeleng-gelengkan kepala. (3) “Mengapa?” Tanya Pak Agus heran. “Kata ibu, saya boleh menerima uang kalau memang hasil bekerja. (4) Saya tidak boleh meminta belas kasihan dari orang. Karena itu, saya menyewakan payung dan tikar kepada pengunjung di Pantai Baru ini.” Mendengar perkataan gadis kecil itu PakAgus makin terharu. Ia tahu kalau ibu gadis kecil itu seorang berbudi luhur. “Begini saja, kalau memang harus bekerja, bantu baöak beserta keluarga. Tolong kamu bawakan rantang ini. Kita akan makan bersama di bawah pohon yang rindang itu, ‘ kata Pak Agus ramah. Pak Agus dan keluarga menuju pohon yang rindang tersebut. Merekapun menggelar tikar plastik yang baru saja disewanya. Dan Gadis kecil itu diajak untuk makan bersama.
11. Kalimat yang menyatakan watak pada cerita di atas ditunjgk nomor
A. (1) dan (2)
B. (1) dan (3)
C. (3) dan (4)
D. (2) dan (4)
Pembahasan:
Yang menyatakan watak dari gadis kecil tersirat pada kalimat nomor 2 dan 4.
12. Latar pada cerita di atas adalah …
A. Pohon yang rindang
B. Pantai Baru
C. Tempat wisata
D. Kebun Raya
Pembahasan:
Cerita tersebut berada di Pantai Baru.
13. Tokoh yang memiliki sikap dermawan adalah ….
A. Pak Agus
B. Gadis kecil
C. Anak kecil
D. Pengunjung pantai
Pemabahasan:
Yang memiliki sifat dermawan adalah Pak Agus karena berniat memberi uang pada gadis kecil tersebut beserta mengajak gadis kecil makan bersama.
14. Bacalah teks berikut! 
          Di tepi telaga itu hiduplah dua makhluk yang bersahabat. Keduanya memiiiki karakter yang hampir sama. Ikan gabus dan tupai sama-sama menjunjung tinggi rasa persaudaraan sesama. Keduanya sama-sama suka menolong. Keduanya juga sama-sama mengerti kebutuhan sahabatnya.
Makna kata yang bercetak miring pada teks di atas adalah ….
A.  perilaku
B.  watak
C.  kesenangan
D.  hobi
Pembahasan: 
Karakter berarti watak.
15. Bacalah pusi di bawah ini !
               Menyesal
Pagiku hilang sudah melayang,
Hari mudaku sudah pergi,
Sekarang petang datang membayang,
Batang usiaku sudah tinggi,
Aku lalai di hari pagi.
Makna simbol petang dalam puisi tersebut adalah masa ….
A. senja
B. dewasa
C. tua
D. remaja
Pembahasan;
Arti atau simbol dari petang di puisi tersebut adalah masa tua.
16. Perhatikan penggalan puisi berikut ! 
Berdirilah Krakatau dengan megahnya
Menjulang tinggi mencapai langit
Sungguh indah dipandang mata
Tapi ketika ia marah
Seluruh dunia diguncangnya
Lahar panas keluar dari perutnya
Menerjang semua yang menghalanginya
………………..
Makna kata marah pada penggalan puisi di atas adalah .
A.  berguncang
B.  gempa
C.  meletus
D.  membakar
Pembahasan:
Kata marah pada puisi di atas berarti meletus karena mengacu pada gunung.
17.  Bacalah Teks berikut ! 
          Suasana Pantai Parangtritis Minggu sore itu sungguh menyenangkan. Ombak gulung gemulung memecah di tepi. Pengunjung larut dalam suka ria. Sayangnya, ada hal yang membuat kami tidak nyaman. Sampah-sampah berserakan di kawasan itu. Ternyata, fasilitas tempat sampah sangat minim sehingga tidak cukup untuk menampung sampah para pengunjung.
Simpulan paragraf di atas adalah …
A. Suasana pantai Parangtritis sangat menyenangkan.
B. Sampah-sampah berserakan di Parangtritis karena minimnya tempat sampah.
C. Parangtritis adalah tempat rekreasi yang menyenangkan namun banyak sampah.
D. Tempat sampah di Parangtritis sangat sedikit sehingga membuat tidak nyaman.
Pembahasan:
Kesimpulannya adalah Parangtritis adalah tempat rekreasi yang nyaman namun banyak sampah berserakan.
18. Jika malam, mataku sulit terpejam. Aku membayangkan diriku berdiri di barisan sebelas pemain PSSI. Aku siap membela tanah air. Kudekapkan tangan di dada, menekan lambang Garuda, Indonesia Raya membahana.
Maksud kalimat Kudekapkan tangan di dada, menekan lambang Garuda, Indonesia Raya membahana adalah …
A. Menyanyikan lagu kebangsaan sebelum pertandingan dimulai.
B. Mengadakan doa bersama agar memperoleh kemenangan.
C. Mengucapkan yel-yel untuk menumbuhkan semangat.
D. Menaikkan bendera sebagai tanda dimulainya pertandingan.
Pembahasan:
Biasanya hal tersebut dilakukan saat Menyanyikan lagu kebangsaan sebelum pertandingan dimulai.
19. Bacalah kutipan cerpen berikut!
Sekembalinya ayahku dari undangan guru mengajiku, aku dibawa pulang. Di rumah, lima jari mendarat di pipiku.
Ayahku berteriak, ” Masih mau mencuri lagi….?”
“Ti…ti….dak!” jawabku penuh ketakutan. Air mataku pun berguguran.
“Kalau masih mencuri lagi bagaimana?”
Aku diam. Aku menyerahkan jawabannya kepada ayah
Konflik yang terdapat pada kutipan cerpen di atas adalah….
A. undangam guru mengaji
B. ayah marah-marah
C. tokoh aku mencuri
D. tokoh aku diam
Pembahasan:
Konfliknya berupa mencuri yang dilakukan oleh tokoh yang bernama Aku.
20. Suatu håri Elang hinggap di sebuah pohon. Rajawali datang menghampiri. “Hai, Elang, apa yang kamu lakukan di sisni, bukannya berburu malah bermalas-malasan saja. Kau memang makhluk tak berguna,” kata Rajawali mencibir. Aku sedang menunggu bantuan dari dewa,” kata Elang. Rajawali melihat seekor burung puyuh bertengger di sebuah tunggul pohon. “Aku memburu puyuh dengan kekuatanku, aku tidak butuh bantuan dewa. Aku akan membunuhnya dan memakannya di depan matamu,” kata Hajawali dengan congkaknya. Rajawali terbang menukik ke arah puyuh.
Tiba-tiba puyuh terbang meninggaikan tunggul pohon. Dada Rajawali terkena tunggul dan berdarah. Rajawali pun terluka dan tak bisa terbang. Elang datang menghampiri. Rajawali bertanya,” Apa yang akan kamu lakukan, Elang, jangan makan aku?” Namun, karena Elang terlalu kuat, tubuh Rajawali dimakannya sampai habis.
Amanat dari cerita di atas adalah ….
A. Jangan suka membanggakan dan menyombongkan diri.
B. Hendaklah kita rajin bekerja dan tidak bermalas-malasan.
C. Dalam bekerja kita cukup minta bantuan kepada dewa.
D. Seharusnya kita merasa kasihan kepada makhluk yang lemah.
Pembahasan:
Amanat dalam teks tersebut agar kita Jangan suka membanggakan dan menyombongkan diri.
21. Batang pisang mulai bergoyang hampir roboh, si Monyet tiba-tiba memegang perutnya karena kekenyangan memakan seluruh pisang tanpa membagi kepada temannya. Kepalanya mulai terasa pusing, tiba-tiba “Kraaak ….! Terdengar suara batang pisang tumbang menimpa semak-semak. Si Monyet terlempar ke ranting-ranting kering.
Tema cerita di atas adalah .
A. menjaga kesehatan
B. berkat kepandaian
C. akibat sifat rakus dan pelit
D. musim buah
Pembahasan:
Tema dari cerita di atas akibat sifat rakus dan pelit.
22. Di dalam bus yang berjejal-jejal itu terdapat dua orang penumpang laki-laki. Saat melihat Lia dan ibunya masuk, kedua penumpang itu berdiri dan memberikan tempat duduk.
Peristiwa yang mungkin terjadi selanjutnya adalah . …
A. Lia dan ibunya sangat takut kepada dua penumpang itu.
B. Lia dan ibunya melaporkan kejadian itu kepada kondektur bus.
C. Lia dan ibunya mendekap tas atau bawaan lainnya.
D. Lia dan ibunya duduk sambil mengucap terima kasih.
Pembahasan:
Peristiwa yang mungkin terjadi adalah Lia dan ibunya duduk sambil mengucap terima kasih karena sudah diberi tempat duduk.
23.  Ama ingin segera keluar rumah begitu saja. Dengan berhati-hati supaya jangan terdengar oleh ibunya, diputarnya kunci pintu kaca. Tiba-tiba suara di dalam berhenti mengaji. la menjenguk ke dalam. Sunyi saja. Tapi baru saja daun pintu itu ditariknya, terdengar ibunya memanggilnya, “Ama.. kemari dulu,” kesal hatinya, ibunya tahu dia mau keluar.
Masakan, anak sebesar dia masih dikasih nasihat? Dia hampiri ibunya yang masih di atas tikar sembahyang. Ama berdiri dengan sedih di hadapan ibunya. ‘Ayo mandi dulu , makan, dan barulah boleh jalan,” lambat suara ibunya.
Nilai yang terkandung dalam penggalan cerita di atas adalah nilai
A. kemanusiaan
B. sosial
C. kemasyarakatan
D. pendidikan
Pembahasan:
Nilai yang terkandung dalam teks mengandung pesan tentang pendidikan.
24.  Sesosok bocah kira-kira berusia 8 tahun itu sedang menjajakan tisu dengan wadah kantong plastik. Seorang wanita menghampiri untuk membeli tisu tersebut dengan total Rp 2.500, namun ternyata bocah tersebut tak memiliki uang kembalian senilai Rp 7.500. Akhirnya bocah tersebut berinisiatif mencari uang tukar demi uang kembalian tersebut. Tak lama, wanita tersebut pun pergi dan mengikhlaskan uang kembalian kepada bocah itu. Namun siapa sangka bocah tersebut berlarian dan dengan tegas mengembalikan dengan uang tukar yang baru diperolehnya.
Keteladanan dalam penggalan cerita tersebut adalah . …
A. Sesosok bocah kira-kira berusia 8 tahun itu sedang menjajakan tisu dengan wadah kantong plastik.
B. Bocah tersebut berinisiatif mencari uang tukar demi uang kembalian tersebut.
C. Wanita tersebut pun pergi dan mengikhlaskan uang kembalian kepada bocah itu.
D. Bocah tersebut berlarian dan dengan tegas mengembalikan dengan uang tukar yang baru diperolehnya
Pembahasan:
Keteladanan anak tersebut tersirat pada kalimat Bocah tersebut berlarian dan dengan tegas mengembalikan dengan uang tukar yang baru diperolehnya.
25. Walaupun pada mulanya berontak untuk menjalani operasi pemotongan kaki kirinya, korban kecelakaan lalu lintas itu akhirnya bersedia melakukan proses …..
Istilah yang tepat untuk melengkapi teks di atas adalah ….
A. imunisasi
B. amputasi
C. tranfusi
D. isolasi
Pembahasan:
Istilah pemotongan bagian tubuh sering disebut amputasi.
26. Untuk mengisi masa liburan ini sekolah melaksanakan kegiatan … budaya ke Candi Prambanan dan Borobudur.
Isian yang tepat adalah ….
A pentas
B. gelar
C. wisata
D. cipta
Pembahasan:
Isian yang tepat adalah wisata. Wisata budaya adalah berkunjung ke tempat wisata yang bertema budaya dengan tujuan mengenal dan mempelajari nilai kebudayaan di dalamnya.
27. Evi mendadak terkenal karena menjuarai lomba menyanyi campur sari. Sekarang ia kaya raya. Gaya hidupnya superlatif dan suka berfoya-foya. Ia tidak menyadari bahwa sebelumya ia miskin. Evi kini sudah tidak mempedulikan keadaan ibunya yang miskin di desa. la tidak menyadari bahwa uang pendaftaran mengikuti lomba menyanyi campur sari itu didapat dari penjualan dua ekor ayam milik ibunya. Memang Evi sudah ….
Ungkapan yang tepat untuk melengkapi teks di atas adalah
A. naik daun
B. tinggi hati
C. muka tebal
D. lupa daratan
Pembahasan:
– Lupa daratan yang artinya tidak peduli apa-apa.
28. Mendengar tetangganya berurusan dengan pihak berwajib karena kesalahannya, seorang ibu merasa senang dan menyebarluaskan berita itu ke tetangga yang lain. Tidak diingatnya bahwa keluarganya juga pernah melakukan kesalahan, bahkan lebih memalukan Perbuatan ibu itu ibarat …
A. Datang tampak muka pergi tampak punggung.
B. Gajah berperang sama gajah pelanduk mati di tengah-tengah.
C. Buruk muka cermin dibelah.
D. Kuman di Seberang lautan tampak, gajah di pelupuk mata tak tampak.
Pembahasan:
Peribahasa yang pas untuk menggambarkan perilaku ibu tersebut adlah kuman di seberang lautan tampak, gajah di pelupuk mata tak tampak. Yang artinya kesalahan orang lain lain sekecil apapun akan terlihat sedangkan kesalahan sendiri yang lebih besar tidak ia sadari.
29.  Kakak ……. tomat dengan sistem polibek.
Kata bentukan yang tepat pada kalimat di atas adalah . . / .
A.  ditanami
B.  menanami
C.  bertanam
D.  ditanamkan
Pembahasan;
Kata bentukan yang tepat untuk melengkapi kalimat di atas adalah bertanam atau menanam
30.  Dimana buku Bahasa Indonesia Ril? Tanya Rudi
Penggunaan tanda baca yang tepat adalah ….
A. “Dir-nana buku Bahasa Indonesia Ril?; Tanya Rudi.
B. ‘Dimana buku Bahasa Indonesia, Ril?’ Tanya Rudi.
C. “Dimana buku Bahasa Indonesia, Ril?” Tanya Rudi.
D. ‘Dimana buku Bahasa Indonesia Ril?, Tanya Rudi.
Pembahasan:
“Dimana buku Bahasa Indonesia, Ril?” Tanya Rudi.
31. Hemat energi hemat biaya!!!
Mulailah dari kita sendiri. Mari kita gunakan air  …
Kata yang tepat untuk melengkapi iklan di atas adalah ….
A. Seperlunya
B. Sepuasnya
C. Seadanya
D. Sebanyaknya
Pembahasan:
Seperlunya untuk berhemat air.
32. Setiap siswa harus berintropeksi dalam kegiatan tersebut.
Perbaikan kata bercetak miring yang tepat adalah ….
A. Berpartisipasi
B. Berdedikasi
C. Berargumentasi
D. Berkreasi
Pembahasan:
Seharusnya kata berinstropeksi diganti dengan kata berpartisipasi.
34. Ulang tahun Muria yang ke – 4 dirayakanpada tanggal 25 januari 2019 di rumah tante Sari.
Perbaikan yang tepat pada kalimat yang bercetak miring di atas adalah ….
A. di rayakan pada tanggal 25 januari 2019 dirumah Tante Sari.
B. dirayakan pada tanggal 25 januari 2019 dirumah tante Sari.
C. di rayakan pada tanggal 25 Januari 2019 di rumah Tante Sari.
D. dirayakan pada tanggal 25 Januari 2019 dirumah Tante Sari.
Pembahasan:
Penulisan yang tepat adalah di rayakan pada tanggal 25 Januari 2019 di rumah Tante Sari. 
35. Pada hari Kamis tanggal 20 Desember 2018 siswa kelas enam SD N Mutiara 2. …………… Kegiatan ini untuk mengisi liburan semester gasal.
Kalimat yang sesuai untuk melengkapi laporan tersebut adalah . ……
A. Mengetahui proses pembuatan pabrik gula pasir di PG Wijaya.
B. Mendirikan pabrik pembuatan gula pasir di PG Wijaya.
C. Berkunjung di lokasi pabrik pembuatan gula pasir di PG Wijaya.
D. Mengambil hasil pembuatan gula pasir di PG wijaya.
Pembahasan:
Kalimat yang tepat untuk mengisi adalah Berkunjung di lokasi pabrik pembuatan gula pasir di PG Wijaya.
36. Bacalah !
1) Pada Iiburan semester I saya bersama keluarga berkunjung ke rumah nenek.
2) Saya sangat senang melihat pemandangan di sepanjang perjalanan.
3) Kami tiba dirumah nenek pukul 13.00 WIB.
4) Nenek gembira dapat berkumpul dengan kami.
5) Kami berangkat hari minggu pukul 07.00 WIB.
Urutan tepat kalimat-kalimat di atas agar menjadi paragraf padu adalah .
A.  1-5-2-4-3
B.  1-5-2-3-4
C.  1-5-3-2-4
D.  1-5-3-4-2
Pembahasan:
Urutan yang benar adalah 1-5-2-3-4
37. Rahma pergi ke pasar untuk membeli buah – buahan; jeruk , apel, pisang dan nanas,
Perbaikan yang tepat pada penggunaan tanda baca di atas adalah ….
A. Nisa pergi ke pasar untuk membeli buah – buahan: jeruk, apel, pisang, dan nanas.
B. Nisa pergi ke pasar untuk membeli buah-buahan; jeruk, apel, pisang, dan nanas.
C. Nisa pergi ke pasar untuk membeli buah – buahan; jeruk, apel, pisang dan nans”.
D. Nisa pergi ke pasar untuk membeli buah – buahan: ” jeruk, apel, pisang dan nanas”.
Pembahasan:
Perbaikannya menjadi Nisa pergi ke pasar untuk membeli buah – buahan: jeruk, apel, pisang, dan nanas.
38. Cermatilah! 
1. Air terjun itu mempunyai tiga tingkat.
2. Keindahan air terjun Curug Sewu sangat asri, karena di kelilingi hutan yang masih alami.
3. Air terjun Curug Sewu menjadi salah satu obyek wisata di kabupaten Kendal.
4. Tingkat pertama ketinggiannya 70 m, ke dua ketinggian nya 50 m, ke tiga ketinggiannya 30 m.
Urutan yang tepat kalimat-kalimat tersebut agar menjadi paragraf yang padu adalah ….
A.  2-3-4-1
B.  3-2-4-1
C.  3-1-2-4
D.  3-1-4-2
Pembahasan:
urutan yang tepat adalah 3-1-4-2
39. Cermatilah! 
Perpustakaan sekolahku memiliki banyak koleksi buku sastra novel roman kumpulan puisi dan cerpen.
Penulisan tanda baca yang tepat pada kalimat di atas adalah …..
A. Perpustakaan sekolahku memiliki banyak koleksi buku sastra: novel, roman, kumpulan puisi, dan cerpen.
B. Perpustakaan sekolahku memiliki banyak koleksi buku sastra; novel ,roman, kumpulan puisi, dan cerpen.
C. Perpustakaan sekolahku memiliki banyak koleksi buku sastra novel, roman, kumpulan puisi, dan cerpen.
D. Perpustakaan sekolahku memiliki banyak koleksi buku sastra, novel, roman, kumpulan puisi, dan cerpen.
Pembahasan:
Penulisan yang tepat adalah Perpustakaan sekolahku memiliki banyak koleksi buku sastra: novel, roman, kumpulan puisi, dan cerpen.
40. Perhatikan teks pidato berikut! 
Bapak dan Ibu Guru, serta anak-anak yang bapak sayangi. Mari kita mengingat peran R.A. Kartini. Beliau adalah pahlawan yang memperjuangkan kaum wanita. Berkat beliau kaum wanita mempunyai hak yang sama dengan kaum pria.  ……..  Sebagai wujud penghargaan untuk beliau, Pemerintah menetapkan R.A Kartini sebagai Pahlawan emansipasi wanita. Demikianlah sambutan ini saya sampaikan. Atas perhatian semua, saya ucapkan terima kasih
Kalimat yang tepat untuk melengkapi teks pidato di atas adalah
A. Ayo, kita beri penghargaan kepada R.A. Kartini
B. Ayo, kita peringati hari lahirnya R.A. Kartini
C. Marilah kita mengenang jasa R.A. Kartini
D. Marilah kita mengenang jasa para pahlawan
Pembahasan:
 –  Marilah kita mengenang jasa R.A. Kartini.
II. Jawablah pertanyaan di bawah inidengan tepat! (skor 20) 
 
41. Olahraga sangat penting bagi tubuh dan akal secara bersamaan. Olahraga dapat memperbaiki fungsi otakdan membantu sampainya oksigen(02) ke bagian otak, sehingga otakpun dapat menjalankan tugasnya dengan baik.
Prediksi apa jika olahraga dilakukan secara teratur?
42. Perhatikan teks berikut! 
Pemerintah akan memberikan buku pelajaran secara Cuma-Cuma ke semua orang, termasuk kamu melalui internet. Jadi, siapa saja boleh mengakses. Namun, sayang belum semua sekolah memiliki komputer, apalagi jaringan internet. Terutama di desa-desa.
Buatlah kesimpulan dari informasi di atas!
43. Perhatikan cara membuat jus alpukat!
1. Siapkan alpukat yang telah dikupas kulitnya dan es batu
2. Masukkan gula atau sirup dan sedikit air
3. Masukkan alpukat dan es batu ke dalam gelas blender
4. Jus alpukat siap dinikmati
Bagaimana susunan yang tepat pada konteks di atas?
44.  Perhatikan!
Bupati dan wakil bupati terpilih membagikan sembako kepada para ibu-ibu sekalian yang hadir di alun-alun kota. Hal itu dilakukan sebagai ungkapan rasa syukur atas kemenangannya.
Perbaikilah tata kalimat pada paragraf di atas!
45. Cermatilah! 
No.       Kesalahan Penulisan                          Perbaikan penulisan
1.          – Salimin, S.Pd. M.Pd.                          …………………
2.          – Januari s/d Desember                         …………………
3.          – Rp 50.000,00                                      …………………
4.          – Tuhan yang maha kuasa                     …………………
Isilah perbaikan penulisan yang benar pada kolom di atas!Baca juga : Soal Try Out SD 2019 – IPA

Maaf untuk link unduh saya usahakan secepatnya ya dik.

Sekian pembahasan kita tentang Soal Try Out SD 2019.
Gravatar Image
Aku hanyalah seorang pengajar SD, yang mencoba berbagi ilmu yang aku miliki. Semoga apa yang aku bagikan bermanfaat bagi kita semua. Bagi sahabat yang punya saran atau kritik bisa menghubungi kami pada kontak Whatsapp dengan nomor 0882  3212 3181 (Maaf jika low respon).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *